Ile Lewotolok Diprediksi Meletus Lagi, Tim Gabungan Kosongkan Ile Ape

by -830 views

Sejumlah warga Ile Ape dan Ile Ape Timur yang berada di lokasi evakuasi di lapangan Kantor Bupati lama, Kota Lewoleba.

LEWOLEBA – Tim gabungan yang terdiri dari personil BPBD Kabupaten Lembata, Personil TNI dan Polres Lembata kembali melakukan evakuasi terhadap warga di Kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur, Senin (30/11/2020) malam. Ada prediksi Gunung Ile Lewotolok bakal meletus lagi. Hingga Senin malam masih keluar lava pijar dan bunyi dentuman yang keras.

Dikutip dari poskupang.com, evakuasi dilakukan terhadap sejumlah warga yang masih menetap di rumah mereka masing-masing pasca meletusnya Gunung Ile Lewotolok, Minggu (29/11).

Kepala BPBD Kabupaten Lembata Kanisius Making, yang dihubungi Pos Kupang, Senin malam, membenarkan adanya proses evakuasi warga di wilayah terdampak yakni Kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur setelah diketahui adanya peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Ile Lewotolok.

Kanis berkata, oleh pemerintah daerah, warga diminta untuk mengosongkan wilayah Kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur tanpa terkecuali. “Kita minta untuk kosongkan Ile Ape dan Ile Ape Timur,” tandasnya.

Pemerintah juga sudah menyiapkan tempat bagi warga yang baru dievakuasi.

Ketua Pos Pengamatan Gunung Ile Lewotolok, Stanislaus Ara Kian, dalam laporannya memaparkan bahwa per tanggal 30 November 2020 pukul 18.00-24.00 Wita, secara visual gunung terlihat jelas hingga kabut 0-I. Asap kawah bertekanan kuat teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 700 meter di atas puncak kawah. Masih juga teramati lava pijar di puncak dan terdengar suara dentuman.

Stanis mengakui adanya peningkatan aktivitas Gunung Ile Lewotolok termasuk gempa vulkanik dalam dan tektonik lokal yang terekam alat seismograf.

Rincian laporannya adalah;
Hybrid/Fase Banyak
(Jumlah : 12, Amplitudo : 7-20 mm, S-P : 0 detik, Durasi : 7-25 detik)
■ *Vulkanik Dalam*
(Jumlah : 43, Amplitudo : 6-29 mm, S-P : 0.5-1 detik, Durasi : 4-22 detik)
■ *Tektonik Lokal*
(Jumlah : 4, Amplitudo : 27-30 mm, S-P : 0 detik, Durasi : 12-27 detik)
■ *Terasa*
(Jumlah : 2, Amplitudo : 29 mm, S-P : 0 detik, Durasi : 15-36 detik, Skala : II MMI)

*Tremor Menerus (Microtremor)* terekam dengan amplitudo 2-16 mm (dominan 2 mm)

Pos Pemantau Ile Lewotolok merekomendasi masyarakat di sekitar Gunung Ile Lewotolok dan pengunjung/pendaki/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian, dan tidak beraktivitas dalam zona perkiraan bahaya di dalam area kawah Gunung Ile Lewotolok dan di seluruh area dalam radius 4 km dari puncak/pusat aktivitas Ile Lewotolok. (pkc/che/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *