Fisipol UMK Berniat Serius Tumbuhkan Kultur Literasi

by -171 views

Kupang, mediantt.com – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK) berniat serius menumbuhkan kultrur literasi terutama terkait kegiatan membaca dan menulis di lingkungan mahasiswanya.

Rangsangan awalnya dimulai dengan perkuliahan umum bertema “Berbagi Ketrampilan Menulis”.
Kegiatan itu akan melibatkan para mahasiswa Fisipol, namun juga terbuka bagi mahasiswa fakultas lain di lingkungan UMK.

Niat agung itu disampaikan Dekan Fisipol UMK, Syarifuddin Darajad dalam percakapan dengan media di Kupang, Selasa (17/11/2020).

“Kultur literasi itu pada intinya adalah semangat belajar yang terus tumbuh dalam diri setiap orang. Semangat itu berhubungan erat dengan minat membaca dan menulis,” jelas Syarifuddin Darajad yang baru lebih sebulan mengemban jabatan barunya sebagai dari Dekan Fisipol UMK.

Menurut dia, kegiatan “Berbagi Ketrampilan Menulis” adalah bagian dari upaya menumbuhkan kultur literasi di kalangan mahasiswa. Dorongan seperti ini penting karena kompetensi setiap SDM kedepannya sangat ditentukan oleh kultur literasinya.

Belum diketahui kapan perkuliahan umum bertema “Berbagi Ketrampilan Menulis” itu dilaksanakan. Namun Syarifuddin Darajad memastikan kegiatannya itu akan digelar dalam waktu dekat.

Narasumbernya – menurut rencananya – akan melibatkan sejumlah akademisi yang terbiasa menulis opini di berbagai media seperti Ahmad Atang dari UMK, Lasarus Jehamat dan Marsel Robot dari Undana Kupang. Selain itu juga akan melibatkan sejumlah narasumber yang sejauh ini diketahui sebagai praktisi media. Mereka adalah para jurnalis seperti Frans Sarong, Tony Kleden, Yos Diaz, Lorens Leba Tukan, dan lainnya, untuk berbagi ketrampilan menulis berita dan ficer.

“Para narasumber akan segera dihubungi setelah kepastian jadwal kegiatannya,” tambah Syarifuddin Darajad. (*/jdz)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments