Natalis Pigai Jadi Warga Kesayangan Sabu Raijua

by -710 views

Natalis Pigai mengenakan pakaian kebesaran dari tokoh adat Sabu Raijua.

SEBA, mediantt.com – Kehadiran aktivis kemanusiaan dan prodemokrasi, Natalius Pigai di Seba, Kabupaten Sabu Raijua atau Sarai, Nusa Tenggara Timur, mendapat sambutan hangat masyarakat setempat. Sejak turun di Dermaga Seba, Minggu (15/11/2020 pagi, kabar kehadiran Pigai begitu cepat menyebar. Warga pun langsung menyerbu dan harus rela antrian menunggu giliran untuk foto bersama.

Para fans atau penggemar dari berbagai kalangan: milenial hingga usia lanjut, pria atau wanita. Mereka rebutan menyapa putra Papua kelahiran 25 Desember 1975, itu. Situasi sama terjadi di sejumlah titik yang disinggahi di Seba dan sekitarnya.

Ternyata penerimaan “dadakan” bagi Pigai di Sarai tidak hanya sebatas sambutan hangat. Melalui acara adat yang disebut “hopo” oleh masyarakat setempat, Pigai dinobatkan sebagai warga kesayangan Sarai, dengan nama baru: Mahari Natana. Penobatan oleh tetua Seba, Elo Huma Lado, ditandai dengan pengenaan busana adat Sarai kepada Pigai.

“Kami sejak lama menyaksikan Pak Natalius Pigai hanya melalui televisi dan pemberitaan berbagai media. Ia selalu tampil membela orang kecil tak berdaya, orang susah! Kami hari ini sangat berbangga dan berterima kasih karena akhirnya bisa menyaksikan langsung Pak Natalius Pigai,” tutur Elo Huma Lado, tokoh adat yang disebut “kerogo naliru” dari Suku Najingi.

Di depan ratusan warga, penobatan Pigai yang berlangsung di halaman depan Hotel Jesica di Seba, Minggu petang, antara lain disaksikan oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena, yang juga Ketua DPD Partai Golkar NTT, dan pasangan Takem Radja Pono-Herman Hegi Radja Haba, satu dari tiga paket yang akan bertarung dalam ajang Pilkada di Kabupaten Sarai, 9 Desember 2020.

Kunjungan Natalius Pigai hingga Sarai, sebenarnya bukan untuk sebuah agenda serius. Ia diajak oleh sahabatnya, Melki Laka Lena mengunjungi sejumlah kabupaten di NTT, terutama kabupaten yang menggelar pilkada, termasuk Sarai.

Sebelum ke Sarai, Natalius Pigai pada Sabtu (14/11/2020) lalu menemani Melki Laka Lena berkunjung ke Waingapu, kota Kabupaten Sumba Timur. Agenda utama kegiatan Melki Laka Lena adalah konsolidasi partai (Golkar), sekalian evaluasi berbagai langkah perjuangan paslon usungan Partai Golkar menyongsong pilkada, 9 Desember 2020.

Ketika di Seba, Natalius Pigai berkesempatan menikmati bukit pelangi Kellaba Madja, salah satu obyek wisata alam andalan Sarai, bahkan NTT. “Kellaba Madja adalah sebuah obyek wisata alam yang sangat menakjubkan. Obyeknya berupa tegakan tebing berwarna warni, layak dikategorikan sebagai destinasi pelancongan langka dan berdaya tarik tinggi,” begitu komentar Natalius Pigai. (*/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *