Cegah Covid-19, Pemkot Kupang Gelar Rapid Test Massal Bagi ASN

by -282 views

KOTA KUPANG – Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH, dan Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man didampingi Sekda Kota Kupang, Fahrensy P. Funay, SE, M.Si, meninjau pelaksanaan proses Rapid Test bagi ASN lingkup pemerintahan Kota Kupang. Rapid Tes Massal bagi ASN ini diselenggarakan tim gugus tugas penanganan Covid-19 Kota Kupang bersama Dinas Kesehatan bertempat di podium lapangan upacara kantor Wali Kota Kupang, Selasa (22/9).

Kegiatan satu hari ini merupakan langkah cepat pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Kupang. ASN yang akan di rapid test mengikuti antrian selanjutnya mengisi formulir berupa identitas diri. Peserta memberikan informasi mengenai riwayat perjalanan dan riwayat penyakit yang sedang atau pernah dialami. Kemudian dilakukan pengambilan darah pada ujung jari tangan dan hasilnya akan diketahui kurang lebih 15 menit setelah rapid.

Wali Kota Kupang mengatakan, kegiatan screening pagi ini merupakan bagian dari upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus. Menurutnya, pemkot terus berupaya menanggulangi penyebaran dan penularan Covid-19, sekaligus memastikan bahwa roda pemerintahan terutama perkantoran lingkup Pemkot aman dari penularan virus, sehingga diinisiasi kegiatan screening massal dengan rapid test terhadap para pimpinan perangkat daerah, camat dan lurah lingkup Pemkot.
Tampak diantara para pejabat, Sekda Kota Kupang turut menjalani rapid test oleh petugas medis yang ditunjuk Dinkes Kota Kupang.

Wakil Wali Kota Kupang dalam pemantauan itu mengatakan, sebanyak kurang lebih 300 ASN mencakup para pimpinan perangkat daerah, camat dan lurah serta pegawai lingkup sekretariat daerah menjalani rapid test. Wawali mengatakan, ini merupakan langkah awal yang dilakukan Pemkot Kupang dan direncanakan pekan depan dengan bantuan sponsor akan digelar di tempat umum seperti pasar.

Menurut dr. Herman, kesehatan itu penting tetapi perekonomian harus tetap berjalan. “Terkait penutupan tempat hiburan seiring meningkatnya jumlah pasien covid-19, saya kira belum ada penutupan. Kita akan melakukan pengawasan yang ketat supaya perekonomian tetap bergulir,” ungkap dr. Herman.

Apresiasi diberikan oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota kepada ASN Kota Kupang yang memiliki kesadaran akan pentingnya kesehatan dan antusias dengan mengikuti tes tersebut.

Menurut informasi yang diberikan oleh Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sri Wahyuningsih, S.KM, setelah hasil rapid test diumumkan, apabila ada peserta dengan hasil tes reaktif, maka tim akan mendata dan selanjutnya peserta tes akan diarahkan untuk melakukan isolasi mandiri. Kemudian secepatnya untuk dilakukan swab, apabila hasil positif Covid-19, selanjutnya akan dirawat pada rumah sakit utama RSUD Prof. W. Z. Yohannes atau pada rumah sakit penyangga. (chr/st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *