Ritual Adat Iringi Pendaftaran Calon Bupati Perempuan Pertama di TTU

by -264 views

Pasangan calon bupati TTU, yang diusung Partai Nasdem Kristiana Muki-Yosef Tanu (Kita Sehati), berjalan kami sambil mengenakan busana adat, menuju Kantor KPU.

KEFAMENANU – Pasangan calon bupati Timor Tengah Utara (TTU), yang diusung Partai Nasdem Kristiana Muki-Yosef Tanu (Kita Sehati), resmi mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Sabtu (5/9/2020) sore.

Sebelum mendaftar ke KPU, Paket Kita Sehati bersama 35.000 massa pendukungnya, dan pengurus DPW Nasdem NTT dan DPD Nasdem TTU, menggelar deklarasi di Gedung Bale Biinmafo.

Pantauan media, deklarasi pasangan calon Partai NasDem itu di gedung yang berjarak sekitar 200 meter dari kantor KPU.

Deklarasi diawali dengan pembacaan surat keputusan penetapan pasangan Kristiana-Yosep dari DPP Partai NasDem yang kemudian dilanjutkan orasi singkat dari keduanya.

Selanjutnya, pasangan calon bupati bersama pendukung dan para ketua adat keluar dari gedung tempat digelarnya deklarasi dan memulai ritual.

Ritual diawali penyerahan sirih pinang, ayam, sopi, dan uang perak kepada ketua adat dan diakhiri dengan penyembelihan seekor kerbau.

Ketua DPW Partai NasDem NTT, Raymundus Fernandes, ikut dalam ritual adat ini dan langsung menyembelih kerbau tersebut. Usai ritual adat, pasangan calon diantar para tokoh adat dari puluhan ribu pendukung berjalan kaki menuju kantor KPU.

Sepanjang jalan, pasangan calon Kita Sehati terus dielu-elukan para pendukung yang berdiri setia berjejer di jalan.

Mereka akhirnya masuk ke kantor KPU dan langsung mendaftar.

Minta Restu Leluhur

Di sela-sela acara pendaftaran, Ketua DPW Nasdem NTT, Raymundus Sau Fernandes, mengatakan, ritual adat digelar, sebagai ungkapan hati dari pasangan calon yang menghargai raja dengan 18 kefetorannya.

Dengan ritual ini, harapannya proses pemilihan kepala daerah berjalan dengan baik, damai dan lancar. “Dengan menggelar ritual, pasangan calon menyerahkan diri secara total dan minta restu kepada leluhur, alam semesta dan Tuhan Yang Maha Esa agar mereka berproses mengikuti pemilihan kepala daerah ini secara damai aman dan lancar,” ungkap Raymundus.

“Kita juga meminta kekuatan untuk mereka kuat, berdiri tegak mengikuti proses ini sampai mereka menang, dilantik sebagai kepala daerah dan melayani masyarakat dengan sepenuh hati,” sambung Raymundus.

Raymundus optimistis pasangan tersebut bakal menang pilkada Timor Tengah Utara pada 9 Desember 2020. Pasalnya, kata Raymundus, sesuai hasil survei, elektabilitas Kristiana-Yosef mencapai 60 persen atau jauh di atas pasangan calon lainnya.

Puluhan Ribu Pendukung

Saat kegiatan deklarasi, massa yang hadir berjumlah sekitar 35.000 orang yang datang dari 204 wilayah yang merupakan wilayah tiga swapraja tersebut.

Mereka datang ke tempat deklarasi mengendarai 782 kendaraan terutama truk, belum termasuk sepeda motor dan mobil pribadi.

Pendaftaran pasangan ini baru berakhir pukul 18.00 Wita.

Ketua KPU Timor Tengah Utara Paulinus Nape Feka mengatakan, seluruh berkas pendaftaran pasangan Kristiana-Yosef lengkap. “Kita akan tindaklanjuti dengan pemeriksaan kesehatan,” tutupnya. (kpc/st)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments