Waspada! Gempa 3,9 M Guncang Lembata dan Adonara

by -391 views

KUPANG – Gempa bumi tektonik berkekuatan 3.9 M mengguncang Adonara, Flores Timur, dan Lewoleba, Lembata, Senin (27/7). Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 15:35:44 WITA dengan kekuatan M=3.9.

Kepala Stasiun Geofisika Kupang, Robert Owen Wahyu, melalui siaran pers, menjelaskan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8.56 LS dan 123.33 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 19 km Barat Daya Lembata pada kedalaman 10 km.

Menurut dia, dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal, akibat aktivitas sesar lokal yang berdekatan dengan pusat episenter.

Sesuai laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kecamatan Adonara III MMI dan di Lewoleba III-IV MMI (Getaran dirasakan oleh banyak orang dengan nyata dalam rumah/gedung).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” katanya.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Karena itu, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Hingga pukul 15.57 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (after shock).

Melihat kondisi ini, maka dihimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya guna menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” katanya. (*jdz)

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments