Dinas Kominfo NTT Diminta Percepat Elektronifikasi Administrasi Perkantoran

by -384 views
Wagub Josef Nae Soi beraudiensi dengan Kadis Kominfo bersama jajarannya di Ruang Kerja Wagub, Senin (27/7).

KUPANG – Wakil Gubernur (Wagub) NTT, Josef Nae Soi mengharapkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mempercepat proses administrasi perkantoran secara elektronik atau elektronifikasi di lingkup Pemerintah Provinsi.

“Kita ingin minta tambahan data kuota internet ke pusat (baca : Kementerian Komunikasi dan Informatika) tapi kuota yang sudah ada belum kita manfaatkan secara optimal. Proses administrasi perkantoran sebagian besar masih gunakan cara manual. Saya minta Dinas Kominfo bisa mempercepat proses eletronifikasi ini,” ujar Wagub JNS saat beraudiensi dengan Kepala Dinas Kominfo bersama jajarannya di Ruang Kerja Wagub, Senin (27/7).

Wagub menjelaskan, masih banyak pekerjaan perkantoran yang dilaksanakan secara offline. Padahal era sekarang, pekerjaan itu dapat dilakukan secara online. “Itu contohnya di atas meja kerja saya. Banyak kertas (baca: surat) tertumpuk yang menanti disposisi. Seharusnya, di zaman teknologi begini, saya bisa membaca dan melakukan disposisi dari mana saja kalau semuanya sudah berjalan dengan sistem elektronik,” jelas Wagub sambil menunjuk tumpukan kertas di atas meja kerjanya.

Pria asal Ngada tersebut berharap, Dinas Kominfo mempercepat proses e-surat atau surat elektronik untuk surat masuk dan ke luar (sumaker) di instansi pemerintahan sehingga ada efektifitas dan efisiensi.

“Mari tinggalkan cara kerja lama. Bulan depan, proses sumaker ini saya harapkan segera selesai. Saya tidak mau dengar lagi ada kendala tentang hal ini terutama dari sisi aturan. Karena aturan dari pusat sudah jelas tentang hal ini. Kita ingin agar output dan terutama outcome dari pekerjaan kita dapat dinikmati secara cepat. Begitu juga dengan sistem perizinan, secepatnya dilakukan secara elektronik agar dapat memudahkan masyarakat,” ungkap Nae Soi.

Wagub juga mengharapkan Dinas Kominfo melakukan pendataan jumlah BTS (Base Transceiver Station) yang ada di NTT. Setiap operator bisa lakukan perluasan jaringan pada semua desa tahun ini.

“Sesudah selesai tingkat desa, kita dorong operator untuk masuk ke sekolah-sekolah. Minggu depan saya koordinasikan lagi dengan Kemenkominfo untuk memastikan jumlah penambahan BTS bagi kita pada tahun ini,” jelas Nae Soi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo NTT, Abraham Maulaka menyatakan kesanggupannya untuk segera mempercepat proses elektronifikasi berbagai kegiatan administrasi perkantoran.

“Kami akan bersurat secepatnya ke para pimpinan perangkat daerah untuk mempercepat proses e-surat di setiap perangkat daerah. Kalau di Kominfo sendiri, proses e-surat sudah dijalankan,” jelas Maulaka. (aven/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *