Kepedulian Melki Laka Lena Di Tengah Pandemi Covid-19

by -289 views

Politisi Partai Golkar yang kini menjabat Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena, terus peduli rakyat di seluruh pelosok NTT. Tak pernah henti Laka Lena membantu paramedis dan rakyat yang sedang terdampak Covid-19; mulai dari sembako, alat pelindung diri, hingga ventilator, dan sejumlah perhatian lain.

SEJAK coronavirus ini mewabah di Indonesia, Melki Laka Lena saban hari terus berkordinasi dan berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan dan mitra Komisi IX DPR RI untuk memberi perhatian kepada rakyat yang terdampak coronavirus ini. Sudah banyak bantuan yang disalurkan oleh Melki Laka Lena melalui tim kerjanya, termasuk Yayasan Tunas Muda Indonesia. Mereka telah menjangkau seluruh pelodok NTT. Tidak hanya untuk rakyat atau konsitituen di Daul yang telah menghantar Laka Lena ke Senayan, tap seluruh rakyat NTT. Rakyat NTT di Timor, Sumba, Sabu, Rote, Alor dan Flores hingga Lembata, telah merasakan kepedulian yang tinggi dari politisi muda berbesik ilmu Apoteker itu.

Pekan ini, Melki Laka Lena kembali menyumbangkan satu unit ventilator, APD, masker dan faceshild untuk RSUD Mgr Gabriel Manek, SVD, di Atambua. Bantuan ini diserahkan Ketua DPD II Golkar Belu, Yohanes Jefry Nahak yang juga Wakil Ketua DPRD Belu, dan diterima oleh Bupati Belu, Willybrodus Lay didampingi Direktur RSUD Mgr. Gabriel Manek, dr. Batsheba Elena Corputty, MARS, Jumat (10/7/2020).

Bupati Belu, Willybrodus Lay, menyampaikan apresaisai yang tinggi atas kepedulian Melki Laka Lena untuk masyarakat di Kabupaten Belu. “Selama ini Pak Melki Laka Lena selalu membantu Pemda Kabupaten Belu dengan memberikan sejumlah bantuan baik APD termasuk hari ini satu unit ventilaror untuk memerangi Covid-19,” tegas Bupati Willy Lay.

Menurut Willy Lay, sumbangan ventilator ini sangat membantu kerja paramedis menangani pasien yang mengalami depresi pernapasan di RSUD Atambua. “Menurut saya yang seorang awam melihat bahwa ventilator ini akan sangat membantu pasien kalau mengalami sesak napas. Saya atas nama masyarakat Kabupaten Belu menyampaikan terima kasih untuk Pak Melki yang hari ini melalui pengurus Golkar Belu menyumbangkan satu unit ventilator bersama APD untuk RSUD Atambua,” kata Willy Lay.

Ketua DPD II Partai Golkar Belu, Yohanes Jefry Nahak mengatakan, bantuan ventilator dan APD ini merupakan kepedulian Partai Golkar kesekian kalinya untuk Kabupaten Belu. Wakil Ketua DPRD Belu ini mengatakan, bantuan ventilator itu diberikan oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melkiades Laka Lena atas permintaan Pemkab Belu yang disampaikan oleh Bupati Belu kepada Pak Melki Laka Lena. “Dan hari ini bantuan ventilator itu diserahkan oleh Pak Melki yang juga Ketua DPD Golkar NTT melalui Golkar Belu dan diterima langsung Bupati Belu dan Direktur RSUD Atambua,” ujar Epy Nahak.

Epy Nahak yang didampingi para pengurus Golkar dan AMPI Belu menjelaskan, selain menyerahkan ventilator dan APD ke RSUD Atambua, pihaknya juga akan menyerahkan bantuan APD kepada RS lain dan 17 Puskesmas di Kabupaten Belu. “Selain menyerahkan bantuan ventilator, juga ada APD. Bantuan ventilator hanya untuk RSUD dan beberapa APD, sementata bantuan untuk RS lain dan 17 Puskesmas yang ada di Kabupaten Belu juga akan diserahkan APD,” kata Epy.

Ia berharap, Direktur RS bersama seluruh dokter memanfaatkan dengan baik alat-alat ini sehingga bermanfaat untuk seluruh masyarakat Belu. “Golkar akan terus membantu dan bekerjasama dengan Pemda Belu untuk mengantisipasi, mencegah dan menangani Covid-19. Walaupuan sampai hari ini Belu masih zona hijau dan kita
berharap tepat zona hijau,” tegasnya.

Dokter specialis penyakit dalam RSUD Atambua, dr. Oscar menyampaikan terima kasih untuk Melki Laka Lena karena kepeduliannya terhadap Belu sangat tinggi. “Pertama waktu kami kesulitan untuk mendapatkan mesin untuk PCR kemudian dengan bantuan beliau kami bisa segera mendapatkan, lalu kali ini beliau memberikan bantuan yang sangat luar biasa sebuah ventilator di mana memang itu sangat kita perlukan untuk pasien-pasien Covid-19 yang nanti mengalami depresi pernapasan,” jelas dr. Oscar.

Ketua Golkar Belu, Johanes Jefri Nahak juga menggandeng Pengurus Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) dan Yayasan Tunas Muda Indonesia mendistribusikan APD untuk seluruh RS dan Puskesmas di Belu. Bantuan sebagai sumbangan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena yang bermitra dengan Kementrian Kesehatan RI itu, diserahkan kepada Rumah Sakit Sito Husada, Puskesmas Haliwen dan RS Wirasakti TNI AD Atambua

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuael Melkiades Laka Lena yang dikonfirmasi berharap, bantuan itu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh tenaga kesehatan di Rumah Sakit dan Puskemas di Kabupaten Belu dalam merawat pasien Covid-19 dan pasien penyakit lainnya dengan baik. “Teman-temanku tenaga kesehatan di manapun bertugas tetap terlindungi secara aman dalam menjalankan pelayanan kesehatan. Tetap semangat dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat kita,” sebut Apoteker jebolan Universitas Sanata Dharma Jogjakarta ini.

Hingga Pelosok Flores

Sementara itu, dari Flores dilaporkan, bantuan ventilator dan APD dari Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena, disalurkan tidak hanya di wilayah yang menjadi daerah pemilihannya pada Pemilu Legislatif April 2019 lalu. Tapi didistibusikan hingga ke pedalaman Pulau Flores.

Bantuan untuk pelosok Flores ini didistribusikan oleh Bendahara Fraksi Golkar DPRD NTT Maksimus Adipati Pari dan staf khusus Laka Lena Ferdinandus Naga, kepada Rumah Sakit Umum Daerah, Rumah Sakit Swasta juga Puskesmas-puskesmas di daratan Flores; mulai Kabupaten Ende, Nagekeo, Ngada, Manggarai Timur, Manggarai, dan Manggarai Barat.

“Teman-temanku tenaga kesehatan di manapun bertugas tetap terlindungi secara aman dalam menjalankan pelayanan kesehatan. Tetap semangat dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat kita,” pesan Melki yang dihubungi dari Kupang.

Karena tugas dan tenggungjawabnya sebagai Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, maka Laka Lena tidak berkesempatan mendistribusikan bantuan itu langsung ke penerima, tetapi melalui staf dan pengurus Golkar di daerah. “Kami sebagai staf dan tim Melki Laka Lena di daerah diinstruksikan untuk turun langsung ke lapangan di setiap kabupaten mendistribusikan bantuan ini untuk tenaga medis dan masyarakat di tengah pandemi Covid-19,” sebut Ferdinandus Naga, Jumat (10/7/2020).

Menurut dia, bantuan itu merupakan bentuk kepedulian Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena untuk para medis dan masyarakat. Aksi sosial yang dilakukan Ketua DPD I Golkar NTT itu bukan yang pertama kali tetapi sudah untuk kesekian kalinya. “Bantuan sudah pernah didistribusikan berupa makanan tambahan untuk bayi dan ibu hamil, sembako, dan kini alat kesehatan berupa Ventilator, APD, Masker dan Faceshiel untuk diserhakna ke semua Rumah Sakit dan puskesmas di daratan Flores,” ujarnya.

Anggota DPRD NTT, Maksimus Adipati Pari yang turut serta mendistribusikan bantuan dari Ende hingga Manggarai Raya menyampaikan terima kasihnya untuk Melki Laka Lena. “Perhatian dan kepedulian Pak Melki Laka Lena rupanya menembus hingga ke batas dapil. Ini wujud komitmen dan kepedulian untuk masyarakat NTT tanpa kecuali,” ujar Ketua AMPI NTT ini.

Ketua DPD II Partai Golkar Ende, Hery Wadhi memberikan apresiasi yang tinggi untuk Melki Laka Lena. “Terima kasih kepada Pak Melki Laka Lena yang telah membangun hubungan baik dengan Kementrian Kesehatan RI sehingga masyarakat NTT bisa dapat bantuan alat kesehatan melalui RS dan Puskesmas. Kami terus mendoakan Pak Melki agar selalu sehat dalam menjalankan tugas perutusan di Senayan,” kata mantan Ketua DPRD Ende ini. (si/jdz)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments