Wakil Walikota Tegaskan Belum Ada Kelonggaran Untuk Aktifitas Keagamaan

by -10 views

KOTA KUPANG – Kerinduan warga untuk bisa beribadah seperti biasa sepertinya harus tertunda lagi. Sebab, Pemerintah Kota Kupang kembali menegaskan bahwa belum ada kelonggaran untuk aktivitas keagamaan atau beribadah.

Penegasan itu disampaikan Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man saat menerima kunjungan Ketua dan para anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Kupang, Selasa (19/5), di ruang kerjanya.

Menurut dia, hingga saat ini belum ada surat edaran ataupun imbauan dari pemerintah pusat yang memberi kelonggaran untuk kegiatan keagamaan. “Jadi kita masih taat pada anjuran pemerintah pusat terdahulu dan maklumat Kapolri,” tegasnya.

Ketua FKUB Kota Kupang, Pdt. Rio Fanggidae, S.Th mengakui meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Kupang sangat berpengaruh pada seluruh aktivitas keagamaan di kota ini. Sementara itu perwakilan dari Dewan Masjid Kota Kupang, Ustad Doni mengungkapkan harapan jamaah muslim Kota Kupang yang ingin sholat Ied berjamaah pada Idul Fitri tahun ini.

Diakuinya, meski sudah ada surat edaran dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang memberi izin bagi jamaah muslim di zona hijau untuk menggelar sholat berjamaah, namun mereka tetap berpedoman pada kebijakan pemerintah tentang pembatasan kegiatan keagamaan.

Perwakilan Gereja Bethel Indonesia (GBI) Pdt Yosafat Chandradireja, M.Th juga mengakui adanya kerinduan jemaat tentang kebijakan khusus untuk melaksanakan ibadah bersama, tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang berlaku.

Sementara perwakilan dari Gereja Katolik, Johanes Dekresano memastikan seluruh aktivitas keagamaan saat ini senantiasa merujuk pada imbauan para Uskup dan pemerintah.

Hal senada juga disampaikan oleh perwakilan Umat Hindu Kota Kupang, I Nyoman Ramia. Menurutnya, hingga saat ini semua kegiatan keagamaan dilakukan sesuai anjuran pemerintah untuk penanganan Covid-19.

Dalam pertemuan tersebut, Wakil Wali Kota didampingi oleh Kepala Badan Kesbangpol Kota Kupang, Noce Nus Loa, SH, MSi. Turut hadir pula anggota FKUB lainnya, yakni Pdt. Jecky Latuperisa, MTh, Pdt. Yabes A. Runesy, STh., Pdt. Ngakan Nyoman, MA. dan Pdt. Welmince Djampi Kana, STh. (pkp/ans/hub)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments