Marius Sebut Virus Corona di NTT Berkembang Horisontal Lokalik

by -70 views

KUPANG – Jangan Panik. Tetap waspada. Ikuti seluruh protokol kesehatan yang dikeluarkan WHO maupun otoritas pemerintah untuk menghindari penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di Provinsi NTT. Sebab virus corona sudah mulai berkembang secara horisontal lokalik atau transmisi lokal.

Hal tersebut diungkapkan juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si kepada pers di Kupang, Jumat (15/5/2020) malam. Marius didampingi Ike Beauty Mauboy, juru bahasa isyarat dari Komunitas Tuli Kupang (KTK).

Marius yang juga Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT itu mengimbau semua yang terkategori OTG, ODP, PDP dan pasien yang telah terkonfirmasi positif virus corona untuk mengikuti berbagai saran yang disampaikan para dokter dan petugas medis lainnya.

“Kalau kita melihat data ini OTG kiranya perlu mengontrol secara ketat. Karena memang pengalaman kita yang terkonfirmasi positif sebelumnya OTG dan NTT masih sangat banyak, sejumlah 615 orang tersebar di kabupaten/kota seluruh NTT. Kita harapkan kewaspadaan semua kita khusus di Kota Kupang; karena penularan virus corona sudah berlangsung secara horizontal lokalik. Sudah diumumkan ada 3 orang yang terkonfirmasi positif virus corona di Kota Kupang yang disebabkan oleh penularan horizontal lokalik. Perlu kami sampaikan 3 saudara kita ini berasal dari Oepoi, Bakunase, dan Oesapa,” tandas Marius.

Sengaja untuk disampaikan, karena sebut Marius, agar seluruh warga masyarakat di Kota Kupang harus meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona yang sangat berbahaya dan mematikan ini. “Sengaja kita sampaikan secara terbuka supaya seluruh warga Kupang bahwa saat ini transmisi lokal itu sudah berlangsung. Karena itu, kita harus benar-benar waspada,” pintanya.

Untuk mengetahui data dan informasi tentang Covid-19 di Provinsi NTT, Marius mengajak semua pihak untuk mulai akrab dan mengaksesnya melalui website yang ada di gugus tugas. “Di dalam website kita, kalau kita klik maka kita akan mendapatkan informasi OTG berada di kelurahan mana, kabupaten mana. ODP ada dimana. Demikian juga orang yang terkonfirmasi positif ada dimana. Karena itu, kami harapkan masyarakat mulai akrab dengan website gugus tugas www.covid19.nttprov.go.id untuk bisa memantau dimana saudara-saudara kita di Kota Kupang ini berasal yang terkonfirmasi positif. yang OTG ada dimana. ODP dan PDP ada dimana. Itu semua lengkap ada di dalam website ini. Tujuannya adalah supaya kita benar-benar mewaspadai,” tegas mantan Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT ini.

Kiriman APD dan Reagen

Marius juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada gugus tugas nasional yang telah mengirim sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) dan Reagen untuk gugus tugas Provinsi NTT.
“Kami juga sampaikan bahwa pada Jumat 15 Mei pesawat TNI AU 1.033 membawa alat pelindung diri dan reagen ke Kupang; untuk kebutuhan rumah sakit kita di seluruh NTT termasuk untuk kebutuhan laboratorium biomolekuler real-time PCR di RSUD Prof. Dr. WZ Johannes Kupang. Terima kasih kepada jajaran TNI AU yang sudah menyiapkan pesawat boeing untuk membawa peralatan kesehatan ke NTT,” ucap Marius.

Hingga Jumat malam data yang terkumpul dari 22 Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se-NTT : jumlah OTG 757 orang; OTG saat ini 615 orang; dan OTG selesai dipantau sebanyak 142 orang.

Jumlah ODP, PDP dan Konfirmasi sebanyak 1.822 orang; ODP 1.707 orang; selesai pemantauan 1.474 orang. Konfirmasi sebanyak 47 orang; saat ini berjumlah 44 orang.

Sampel yang dikirim 433; 246 hasil lab negatif; 51 hasil lab positif; dan 136 belum ada hasil. (valeri guru/jdz)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments