Waspada! Enam Kab-Kota di NTT Masuk Zona Merah Corona

by -236 views

KUPANG – Eskalasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 NTT semakin marak. Hingga kini sudah ada enam kabupaten/kota terkategori zona merah virus corona. Yakni Kota Kupang, Kabupaten TTS, Rote Ndao, Flores Timur, Nagekeo dan Manggarai Barat. Rakyat harus tetap waspada dan taat protokol keaehatan.

Demikian diungkapkan juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 NTT yang juga Kepala Biro Humas dan Protokol, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si kepada pers di Kupang, Selasa (12/5/2020) malam.

Masyarakat NTT, sebut Marius, jangan melihat angka atau jumlah pasien yang terkonfirmasi positif virus corona. “Kita sudah melihat bagaimana pertumbuhan virus corona di NTT dan sudah mulai masuk di setiap kabupaten/kota. Jangan melihat angkanya. Walaupun hanya 1 tapi 1 itu sudah melakukan kontak langsung dengan puluhan orang bahkan ratusan orang. Apalagi kalau jumlahnya sudah belasan karena itu kita harapkan khusus Pemkab Rote Ndao; masyarakat Rote Ndao yang pada hari ini ada 2 saudaranya yang tertular virus corona untuk betul-betul melakukan kontrol dan pengawasan serta segera melapor diri ke puskesmas atau ke RS kalau sebelumnya pernah kontak langsung dengan 2 saudaranya ini supaya segera dilakukan pemeriksaan klinis,” tandas Marius.

Khusus daratan Pulau Sumba, Marius berharap agar Pemkab dan masyarakat dapat melakukan pengawasan dan kontrol yang ketat untuk tidak tertular virus corona. ”Kita melihat bahwa Sumba masih zona hijau. Kita harapkan kontrol dan pengawasan yang ketat oleh Pemkab sedaratan Sumba dan masyarakat Sumba untuk menjaga Bumi Merapu supaya tidak ada yang tertular virus corona,” katanya.

Sementara itu, Marsekal Pertama TNI (Purn) Arif Ichwan, penghubung gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 NTT mengaku, mendapat tugas sebagai penghubung yang menghubungkan gugus tugas nasional dan gugus tugas yang ada di Provinsi NTT.

“Saya mendapat tugas tentunya di sini sebagai penghubung dari gugus tugas pusat kemudian juga melaksanakan tugas koordinasi antara gugus tugas pusat dan gugus tugas yang ada di daerah NTT,” tandas Arif Ichwan.

Hingga Selasa malam, data yang terkumpul dari 22 Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se NTT : jumlah OTG 620 orang; OTG saat ini sebanyak 552 orang; dan OTG selesai dipantau 68 orang.

Jumlah ODP, PDP dan konfirmasi sebanyak 1.799 orang; ODP 1.712 orang; selesai pemantauan 1.447 orang. Konfirmasi sebanyak 18 orang; saat ini berjumlah 16 orang.

Sampel yang dikirim 357; 188 hasil lab negatif; 18 hasil lab positif; dan 221 belum ada hasil. (valeri guru/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *