Besok Pemprov Jemput Spesimen Swab dari Kabupaten dan Kota

by -208 views

KUPANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT akhirnya memiliki laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) di RSUD Kupang, yabg diharapkan mempercepat proses pemeriksaan sampel swab pasien Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang ada di NTT. Karena itu, Jumat (8/5) besok, Pemprov NTT akan menjemput spesimen swab dari kabupaten/kota menggunakan pesawat carter.

“Kita sudah memiliki laboratorium PCR untuk pemeriksaan spesimen swab di RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang,” tandas juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi NTT,  Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si. kepada pers di Kupang, Selasa (5/5/2020) malam.

Marius yang juga Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT itu menjelaskan, karena cairan reagen telah tiba di Kupang maka diperkirakan pada Jumat (8/5), pihak laboratorium RSUD Kupang dapat mengoperasionalkan pemeriksaan sampel swab.

“Karena itu kami beritahukan kepada para bupati se NTT dan Walikota Kupang bahwa pengiriman sampel dari kabupaten/kota ke RSUD Kupang akan dilakukan dengan menggunakan pesawat yang telah dicarter oleh Pemprov NTT,” katanya.

Ia menyebutkan, titik-titik penjemputan adalah ; untuk Manggarai Raya penjemputan dilakukan di Bandara Komodo Labuan Bajo. Untuk Kabupaten Ngada, Nagekeo dan Ende titik penjemputan di Bandara Aroeboesman Ende.

Untuk Kabupaten Sikka, Flotim, dan Lembata titik penjemputan di Bandara Frans Seda Maumere. Untuk Kabupaten Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, dan Sumba Timur; titik jemput di Bandara Umbu Mehang Kunda Waingapu Sumba Timur.

Karena itu, sebut Marius, Pemprov NTT berharap agar para Kepala Dinas Kesehatan kabupaten/kota bersama Direktur RS Umum daerah berkoordinasi secepatnya untuk  bisa menyiapkan sarana pengiriman spesimen swab dari titik-titik penjemputan yang telah disampaikan. “Sedangkan untuk Kabupaten Alor, Rote Ndao, Sabu Raijua menggunakan kapal Ferry. Kemudian untuk kabupaten-kabupaten di daratan Timor menggunakan transportasi darat. Setiap kabupaten harus siapkan spesimen swab yang telah diambil dan kemudian sesegera mungkin dikirim ke titik titik penjemputan. Rencana penjemputan spesimen swab dari kabupaten se NTT akan dilaksanakan pada Jumat 8 Mei 2020,” ucapnya.

Hingga Selasa malam data yang terkumpul dari 22 Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se NTT :

Jumlah OTG 471 orang, OTG saat ini 409 orang, OTG selesai dipantau 62 orang Jumlah ODP, PDP & KONFIRMASI 1744 orang. Orang Dalam Pemantauan (ODP) 1671 Orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) = 62 orang. Konfirmasi = 11 orang, saat ini 10 orang, Rawat di RSB 8 orang. Sampel yang dikirim 172, Hasil Lab (negatif) 72 sampel, Hasil Lab (positif) 11 sampel, belum ada hasil 89. (valeri guru/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *