HPI-ASITA Minta Langkah Pemda Sikka untuk Pelaku Pariwisata

by -26 views

Maumere, mediantt.com – Pelaku pariwisata yang tergabung dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) dan Association of Indonesia Travel Agency (ASITA) Cabang Sikka menemui Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, yang akrab disapa Roby Idong, di ruang kerjanya Senin 4 Mei 2020.

Ketua DPC HPI Sikka Dominggus Koro kepada mediantt.com usai pertemuan dengan Bupati Roby di Kedai Kopi Moblek Maumere mengatakan, salah satu sektor yang babak belur ditampar Corona adalah sektor pariwisata. “Tujuan kami bertemu Bupati untuk minta kejelasan dari Pemda Sikka atas data yang telah kami kirimkan sesuai permintaan dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” kata Minggus.

Jawaban yang diperoleh dari Bupati yang humanis ini, kata Minggus, sungguh membuat lega. Bupati menjelaskan, di Sikka ada 105 ribu kepala keluarga dan semua akan mendapat bantuan sesuai porsi masing-masing.

Selain itu, Bupati juga minta setiap Asosiasi untuk mendaftarkan anggotanya ke kelurahan atau desa untuk diverifikasi dan dikirim ke Naketrans.

“Kami hanya minta penjelasan dari Pemda Sikka akan data yang telah kami kirim dan langkah Pemda Sikka untuk pelaku pariwisata yang merupakan salah satu sektor yang babak belur dihantam Corona, ” demikian Minggus.

Ia juga menjelaskan, anggota HPI cabang Sikka berjumlah 58 orang yang terdaftar dan memiliki kartu anggota nasional dan ASITA 27 orang.

“Mayoritas dari anggota kami ketika Corona dan Lockdown betul-betul babak belur dan tidak bisa berbuat apa- apa. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari buka kios kecil- kecilan, tanam sayur dan berkebun,” kata Minggus.

Sementara itu, Ketua ASITA Konradus Rindu yang didampingi Agus Bataona mengapresiasi jawaban Bupati Roby yang melegakan hati. “Semua data akan diinput dan dikirim ke Naketrans. Bagi yang belum silahkan masukan data. Syukur kalau sudah didata oleh desa atau kelurahan, ” ujar Konradus mengutip bupati.

ASITA dan HPI Sikka juga mengapresiasi kinerja Bupati Roby dalam menangani Covid-19. “Langkah penanganan Covid-19 sudah tepat mari kita dukung pemerintah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan berdoa agar Covid-19 segera berlalu, ” kata Konradus. (ven)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments