Pemkot Dapat Bantuan APD dari WVI, Walikota : Terima Kasih!

by -157 views

KOTA KUPANG – Seruan untuk mendukung Pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 terus mendapat sambutan baik dari berbagai pihak. Hingga saat ini beragam bantuan berupa APD bagi tenaga medis serta paket sembako dan lain-lain seperti perlengkapan untuk cuci tangan bagi masyarakat terus mengalir lewat Pemerintah Kota Kupang.

Rabu (29/4), sekitar pukul 11.00 Wita, Walikota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM MH kembali menerima bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan fasilitas cuci tangan pakai sabun dari Wahana Visi Indonesia (WVI) di Posko Covid-19, Kantor Dinas Kesehatan Kota Kupang.

Wali Kota ketika menerima secara simbolis bantuan itu, menyampaikan terimakasih kepada WVI yang telah membantu meringankan beban pemerintah dalam menghadapi pandemik Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Kupang. Ia berharap, WVI dan Pemkot Kupang dapat terus saling bersinergi dalam menghadapi pandemik ini

Sementara itu, Project Manager WVI, Isye Hortensia mengatakan, bantuan APD dari pihaknya akan didistribusikan ke sebelas Puskesmas di Kota Kupang. “Paket APD tersebut berupa 20 kotak masker bedah, 25 set hazmat atau disposable gown fullbody jumpsuit, 20 buah goggle atau kacamata, nurse cap, shoe cover dan latex examination gloves masing-masing 3 box serta 15 botol hand sanitizer ukuran 500ml,” papar Isye.

Selain paket APD, WVI juga akan memasang wastafel portabel atau alat cuci tangan beserta sabun di sebelas lokasi di Kota Kupang, antara lain di Posko Covid Kota Kupang (Kantor Dinas Kesehatan Kota Kupang), Puskesmas Sikumana, Terminal Kota Kupang, Pasar Kasih Naikoten 1, Pasar Oeba, Pasar Oebobo, Terminal Oepura, RSUD Prof. Dr. W. Z. Yohanis Kupang, Pasar Kuanino, Puskesmas Bakunase dan Puskesmas Pasir Panjang.

Saat ini Pemerintah Kota Kupang terus gencar bersinergi dan melakukan koordinasi baik dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi maupun dengan berbagai pihak dalam percepatan penanganan Covid-19 di Kota Kupang, terutama terkait rasionalisasi, refocusing serta realokasi anggaran melalui berbagai kesempatan telekonfrens yang terus digelar.

Pemkot Kupang telah merasionalisasi APBD sebesar Rp 48,5 miliar untuk penanganan medis dan penanggulangan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat. Sementara APBN bagi Kota Kupang yang telah di-refocusing dan di-realokasi untuk penanganan Covid-19 sebanyak Rp 69 miliar.

Pemkot Kupang sendiri telah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan APD sebanyak 1200 buah yang akan dilakukan secara bertahap, saat ini sudah ada 200 buah untuk tahap pertama. Pemkot juga membagi-bagikan 150 ribu masker secara gratis kepada warga.

Sementara untuk penanganan dampak pandemi terhadap ekonomi dan sosial masyarakat, Pemkot Kupang akan membagikan voucher sembako senilai Rp 300 ribu bagi 23 ribu non KPM selama tiga bulan sejak Mei 2020. (son/jms/ans/nt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *