Sadarkan Warga, “Sahabat Sikka” Bagi 1.500 Masker Gratis

by -103 views

Maumere, mediantt.com – Di tengah pandemi Virus Corona atau Covid-19, keberadaan masker makin langka, dan jika ada harganya melonjak naik.

Menyikapi hal itu banyak warga baik secara pribadi maupun kelompok di berbagai daerah berinisiatif memproduksi masker dan kemudian dibagikan secara gratis bagi orang kecil yang membutuhkan.

Seperti disaksikan mediantt.com Selasa 28 April 2020, bertepatan dengan hari Pasar Alok (Regang, bahasa Sikka, red) kelompok Solidaritas yang menamakan diri “Sahabat Sikka” membagikan 1.500 masker gratis kepada para pedagang kecil di pasar-pasar kabupaten dan tradisional kepada pedagang kecil dan pembeli yang betul- betul belum memiliki masker karena tidak mampu membeli.

“Target kami adalah pembagian 1.500 masker untuk para pedagang kecil dan pembeli bukan hanya di pasar- pasar tetapi juga di tiga puskesmas terpencil yakni Wolofeo, Hewokloang dan Mapitara,” jelas koordinator Sahabat Sikka, Made Chandra, di sela-sela pembagian masker gratis di Pasar Alok, Selasa (28/4/2020).

Menurut Made, pihaknya tidak hanya membagi masker gratis tapi memberikan edukasi kepada warga agar sadar pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan dan pola hidup bersih dan sehat.

“Pembagian masker di pasar kami jauhi kerumunan sesuai protokol kesehatan. Anggota Sahabat Sikka yang bagi kepada warga sekaligus edukasi. Sehingga butuh waktu agak lama. Yang sekarang dibutuhkan adalah edukasi kepada masyarakat, ” tandasnya.

Made mengakui kelompok solidaritas “Sahabat Sikka” baru terbentuk satu minggu lalu. Terdiri dari 10 orang Maumere yang tinggal di luar Sikka seperti Ende, Papua dan Batam. “Kami kumpul sedikit-sedikit dari kekurangan kami untuk produksi masker dan bagikan kepada warga Sikka yang juga adalah saudara-saudari dan sahabat kami. Kami ada dalam diri sesama, sesama ada dalam diri kami,” tegas Made.

Yang diharapkan dari pembagian masker gratis ini, tambah Made, pemakaian masker ini harus menjadi kebutuhan warga Sikka. Karena sebelumnya Presiden Joko Widodo telah memerintahkan seluruh warga wajib mengenakan masker saat berada di luar rumah guna menghindari penularan Virus Corona. (ven)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments