Covid-19 Kian Masif, Libur ASN dan Sekolah Diperpanjang

by -314 views

KUPANG, mediantt.com – Penyebaran coronavirus atau Covid-19 makin masif dan eskalatif di seluruh Indonesia, termasuk Provinsi NTT. Karena itu, pemerintah kembali mengeluarkan edaran agar masa ‘libur’ aparatur sipil negara (ASN) diperpanjang hingga 21 April 2020. Anak-anak sekolah atau siswa pun tetap belajar di rumah sampai dengan situasi normal.

“Karena penyebaran Coronavirus makin masif dan eskalatif maka berdasarkan edaran dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara terbaru, maka liburan seluruh ASN NTT diperpanjang hingga 21 April 2020. Semua ASN tetap bekerja dari rumah,” jelas Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, yang juga juru bicara Gugus Tugas Covid-19, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si kepada wartawan di Kupang, Senin (30/3/2020).

Perpabjangan masa libur ASN ini sesuai  Surat Edaran Menpan RB terbaru No 34 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 19/2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Marius menjelaskan, perpanjangan masa liburan ini juga berlaku bagi seluruh siswa dan siswi mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA dan sederajat di seluruh NTT sejak tanggal 30 Maret hingga 21 April 2020.

“Masa libur ini akan dievaluasi ulang oleh pemerintah, yang disesuaikan dengan kondisi wilayah selama masa darurat penanganan Covid-19. Pemberlakukan libur bagi seluruh anak sekolah di wilayah NTT itu akan dituangkan dalam Instruksi Gubernur NTT, setelah Pemprov menerima Surat Edaran resmi dari Menpan RB tentang perpanjangan masa kerja ASN untuk tetap bekerja dari rumah terhitung dari tanggal 30 Maret hingga 21 April 2020,” tegas Marius.

Karena itu, ia meminta seluruh pengelola sekolah dan kepala sekolah di seluruh NTT agar segera berkoordinasi dengan orang tua agar dapat menginformasikan ke siswa yang saat ini masih berada di rumah.

Ia juga menegaskan, masa liburan ini akan berlaku bagi semua sekolah di NTT dengan jangka waktu sesuai dengan instruksi Gubernur NTT. “Instuksi Gubernur tengah dibuat dan dipastikan besok sudah siap dan diberikan ke dinas teknis untuk selanjutnya diberikan ke sekolah,” kata mantan Kadis Pariwisata NTT ini.

Ia juga berharap, seluruh ASN dan masyarakat NTT tetap menjaga dan melaksanakan semua pedoman dan protap, juga instruksi pemerintah, baik dari presiden, menteri, gubernur maupun bupati dan walikota. “Artinya protokol yang sudah jalan seperti menghindari kerumunan, mencuci tangan, juga menjaga social and phyisical distancing tetap dipatuhi untuk mencegah Covid-19,” tegas Marius. (jdz)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments