Susahnya Bahan Terpal Tipis untuk APD Petugas Posko Covid-19 Sikka

by -132 views

Maumere, mediantt.com – Pimpinan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Christine, Christiana Kayat mengeluhkan susahnya mencari bahan terpal yang tipis di Maumere untuk pembuatan 250 baju Coverall bagi petugas lapangan posko Covid-19 akabupaten Sikka yang dipesan Dinas Kesehatan.

Christiana menyampaikan hal itu kepada mediantt.com di Maumere Minggu 29 Maret 2020.

Dikatakan, Alat Pelindung Diri (APD) yang dibuat sementara oleh 7 penjahit LPK dan dirinya adalah baru 100 pieces karena bahan bakunya terbatas di Maumere. Sedangkan permintaan dari Posko Covid-19 sebanyak 250 pieces.

“Kami baru mulai bekerja tiga hari ini. Bentuknya baju Coverall yang semuanya terbuat dari bahan terpal yang agak tipis agar tidak terlalu panas dan mudah saat dijahit. Sementara masker kami kerjakan dari bahan katun kotak-kotak yang bagian dalamnya dilapisi kain katun hero dan terdapat kantong yang bisa diisi tissue atau filter lainnya,” ujar Christine.

Diakui kesulitan yang dialami sekarang bahan dasar terpal tipis. “Kemarin kami sudah beli 1 pieces bahan plastik terpal dan masih butuh satu pieces lagi. Kami sudah berusaha mencarinya di toko tapi tidak ada,” kata Christine.

LPK Christine, tambahnya, untuk sementara proses belajar ditiadakan, peserta kursus diminta bantuannya untuk menjahit Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas lapangan pada Posko Covid-19 Kabupaten Sikka.

Ia mengaku ketika sedang menjahit sempat menggugurkan air mata. Pasalnya, sampai harus menjahit baju yang terbuat dari plastik yang dipakai nantinya semua tertutup bulat. “Kami kasihan dengan petugas yang akan memakai baju ini. Pastinya akan terasa panas. Dan saat petugas mengenakan baju ini mereka tidak bisa buka selama bertugas atau dinas. Karena sistemnya hanya sekali pakai dan selesai pakai harus dimusnahkan,” ujar Christine sedih.

Untuk diketahui, Alat Pelindung Diri (APD) adalah salah satu peralatan perlindungan diri yang sangat penting untuk mencegah Infeksi Virus Corona. Alat ini sangat dibutuhkan oleh tenaga medis dan pegawai di Rumah Sakit. (ven)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments