Wagub Minta Rakyat Tak Panik dan Tidak Percaya Hoax Soal Covid-19

by -154 views

KUPANG – Wakil Gubernur (Wagub) NTT, Josef A. Nae Soi mengaku gembira karena hasil pemeriksaan lewat alat pengukur suhu menunjukkan suhu tubuhnya normal. Wagub meminta rakyat NTT tidak panik berlebihan dan tidak percaya berita-berita hoax tentang penderita coronavirus di Kupang.

“Itu salah ciri bahwa tubuh kita masih sehat. Tentu upaya pengukuran suhu ini akan terus diterapkan selama beberapa pekan ke depan di kantor Gubernur sebagai bagian dari upaya pencegahan dan pendeteksian penyebaran virus corona,” jelas Wagub Nae Soi saat ditemui usai melakukan pengukuran suhu tubuh di Kantor Gubernur NTT, Selasa (17/3).

Wagub menghimbau agar tempat pelayananan publik lainnya juga tempat ibadah dapat melakukan hal yang sama. “Minimal di pintu masuk tempat-tempat ibadah, ditempatkan antiseptik untuk mencuci tangan. Kita juga mengajak pemimpin agama agar menghimbau umatnya jika kondisi kesehatannya tidak fit dapat melakukan ibadah di rumah. Untuk sementara kita juga perlu galakan cara bersalaman tanpa kontak fisik langsung, cukup dengan menunjukan sikap hormat seperti dengan cara mengatupkan tangan di dada atau cara-cara simpatik lainnya,” jelas Nae Soi.

Wagub Nae Soi juga meminta masyarakat untuk tidak cepat percaya terhadap berita-berita yang beredar di sosial media terkait penyebaran virus ini di NTT.

“Jagad maya beberapa hari terakhir ramai dengan berita-berita hoaks terkait adanya penderita virus corona di beberapa Rumah Sakit di NTT. Setelah kita telusuri, ternyata berita itu tidak benar,” jelas pria asal Ngada tersebut.

Wagub menghimbau masyarakat NTT tak perlu panik berlebihan. “Tadi malam, kita sama-sama menonton dan menyaksikan di televisi konferensi pers tentang testimoni dari ketiga orang yang telah sembuh total dari penyakit ini bersama dengan Menteri Kesehatan. Salah satu yang menarik dari pengakuan mereka bahwa optimisme dan ketenangan diri ternyata dapat meningkatkan imunitas tubuh,” jelas Nae Soi. (hms/st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *