Maumere, mediantt.com – Caritas Keuskupan Maumere (CKM) menggandeng pemerintah desa Kolisia, Orang Muda Katolik dan Remaja Mesjid yang tergabung dalam Kelompok Pencinta Alam (Kepal) Desa Kolisia, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, menanam bakau di pesisir pantai Wairnokerua, Selasa (4/3/2020).

Koordinator Program Disaster Risk Reduction (DRR) atau Program Pengurangan Resiko Bencana CKM, Fransiskus Angelinus kepada mediantt.com, Sabtu (8/3), menjelaskan, dalam kajian Resiko Bencana oleh CKM, bersama komunitas dampingan ditemukan beberapa ancaman. Salah satu ancaman bencana warga pesisir pantai di Desa Kolisia adalah abrasi pantai maupun tsunami. Karena itu, rekomendasi kegiatan komunitas setempat adalah menanam bakau.

“Komunitas menyadari bakau memberikan kontribusi tinggi untuk stok pangan pesisir dan benteng alami dari Abrasi dan Tsunami,” tandas Anje.

Menyadari kontribusi tinggi bakau sebagai benteng alami, terang Anje, bulan Maret 2020 program DRR CKM fokus pada penanaman bakau di pesisir pantai Desa Kolisia, Kolisia B dan Reroroja. CKM akan memfasilitasi pelatihan dan pembuatan Perdes perlindungan mata air dan bakau untuk desa dampingan tahun 2020. “Pembuatan perdes ini merupakan upaya mitigasi bencana non struktural,” ujarnya.

Sedangkan pada tanggal 9 – 15 Maret 2020, kata Anje, CKM akan menggelar pelatihan desa tangguh bencana untuk fasilitator kabupaten Sikka. “Fasilitator ini diharapkan menjadi pendamping dan pelatih untuk relawan desa tangguh di kabupaten Sikka,” pinta Anje.

Anje juga mengakui kesadaran masyarakat untuk menjaga hutan dan penghijauan di seputar mata air masih rendah. Akibatnya yang dirasakan saat ini adalah hilangnya sumber mata air dan debit mata air mulai berkurang di musim kemarau.

Menyadari ini Kepal mengadakan aksi penghijauan di wilayah mata air Wairkoja Nilo, Desa Wuliwutik, Kecamatan Nita pada Selasa 25 Pebruari 2020. Sedangkan penghijauan di mata air “Ae Longga” Desa Kolisia B, Kecamatan Magepanda, Sabtu 29 Pebruari 2020. (ven)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of