Optimis Sumba Tengah Maju, VBL Usul Manfaatkan Juga Dana KUR

by -215 views

KONDA MALOBA – Kunjungan kerja Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) pun tiba di Sumba Tengah dan menggelar Rapat Kerja (Raker) bersama Bupati, para Camat, Kepala Desa/Lurah, tenaga kependidikan dan tenaga kesehatan di Pantai Aili, Desa Konda Maloba, Kecamatan Katiku Tana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, Sabtu (29/2). Gubernur VBL optimistis dengan kemajuan Sumba Tengah dan menyarankan bupati dan jajarannya untuk memanfaatkan juga dana KUR.

Dalam Siaran Pers Biro Humas dan Protokol Setda NTT dilaporkan, Gubernur Viktor merasa puas dengan laporan tentang berbagai kebijakan yang telah dilaksanakan Bupati Sumba Tengah Drs. Paulus S.K. Limu selama masa kepemimpinannya membangun Kabupaten Sumba Tengah. VBL merasa jika para Bupati telah melakukan berbagai program dan kebijakan yang menjawab kebutuhan dasar masyarakatnya, maka Pemerintah Provinsi akan merasa lebih optimis akan kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat NTT pada umumnya dan masyarakat Kabupaten Sumba Tengah pada khususnya.

“Saya merasa bangga jika Bupati seperti ini beserta ketua dan para anggota DPRD-nya dalam membangun semangat kebersamaan. Karena itu, saya jujur kabupaten ini akan bertumbuh dengan sangat cepat. Dalam perjalanan ke tempat ini, saya lihat begitu indah dan eksotis. Saya akan bantu melalui Dinas PUPR Provinsi NTT untuk mengerjakan jalan menuju pantai ini. Dan ini akan selesai dalam 2 tahun ke depan” puji VBL.

Gubernur menginginkan agar nantinya setelah infrastruktur jalan sudah baik maka akses ke tempat wisata ini semakin singkat dan berdampak pada perekonomian yang semakin meningkat di sekitar tempat wisata Kabupaten Sumba Tengah.

Gubernur VBL pun kembali memuji semua dedikasi para tenaga medis khususnya bidan yang telah bekerja secara tulus, rajin dan keberanian melayani masyarakat di sekitar tempat tugasnya bagi kesehatan ibu dan anak.

Dia berharap, semua tenaga medis di Puskemas Pembantu (Pustu) semakin termotivasi untuk melakukan hal yang sama membantu dan melayani masyarakatnya dengan tulus.

“Saya lihat jika semangat kerja seperti ini maka kita yakin semuanya akan bertumbuh dengan baik ” harap Gubernur Laiskodat.

Gubernur Laiskodat pun menyinggung tentang programmnya untuk meningkatkan Pendidikan di NTT sehingga nantinya generasi-generasi muda akan semakin bisa bersaing dengan provinsi lain. “Tahun depan saya akan mensimulasi untuk menyiapkan guru-guru terbaik untuk mengajar baik dari TK hingga SMA. Kita tahun depan hanya akan fokus pada tiga mata pelajaran yakni Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Kita akan siapkan melatih para guru untuk bisa mentransfer ilmu-ilmu dan memberikan karakter dengan baik,” katanya.

Gubernur juga menyarankan kepada Bupati dan jajarannya agar memanfaatkan dana KUR yang telah dianggarkan pemerintah pusat untuk membantu masyarakat Sumba Tengah memperbaiki ekonominya secara mandiri.

“Ada dana KUR Pertanian yang besarnya Rp 1 triliun yang dialokasikan untuk Nusa Tenggara Timur. Kalo KUR ini kita pakai dengan benar maka kelompok-kelompok Tani akan semakin sejahtera. Inilah langkah-langkah yang ditempuh pemerintah dalam rangka percepatan perbaikan ekonomi masyarakat kecil atau miskin,” jelas Gebernur Laiskodat.

Gubernur berharap pemerintah dan masyarakat Sumba Tengah segera bangkit dan mandiri dalam bidang Pertanian dan Peternakan agar tidak tergantung lagi pada daerah lain untuk mendatangkan kebutuhan pokok di daerahnya. (hms/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *