KUPANG, MEDIANTT.COM – Kerja panitia untuk Pesparani Nasional II yang dihelat di Kupang, NTT, akhir Oktober 2020, makin progresif. Langkah awal yang dilakukan adalah menggelar Sayembara Logo dan Mars Pesparani Tingkat Nasional II, yang resmi dilaunching Selasa (12/2), di Sekretariat Panitia yang juga kantor FKUB NTT.

Peluncuran ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik (LP3K) NTT, Frans Salem, didampingi Ketua Umum Pesparani Nasional II yang juga Ketua NU NTT Jamaludin Ahmaddan, Ketua Panitia Pelaksana Sinun Petrus Manuk serta sejumlah pejabat dari Kanwil Agama NTT serta Vikjen Keuskupan Agung Kupang Romo Grardus Duka, Pr.

Ketua Pelaksana Pesparani Nasional Katolik II, Sinun Petrus Manuk dalam laporannya menjelaskan, sayembara logo berhadiah Rp 20 juta dan sertifikat. Sedangkan sayembara mars berhadiah Rp 30 juta dan sertifikat.

Tahapan lomba untuk dua sayembara ini dimulai dengan tahapan pendaftaran dan pemasukan karya dari tanggal 11 Februari hingga 19 Maret 2020 pukul 23.59 Wita. Penjurian dari tanggal 20-27 Maret 2020. “Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah tanggal 28 Maret 2020,” kata mantan Kadis PMD NTT ini.

Ia juga memaparkan persyaratan sayembara logo Pesparani. Peserta terbuka untuk umum; WNI berusia di atas 17 tahun, atas nama perorangan (berlaku Nasional); peserta tidak dipungut biaya pendaftaran; peserta melampirkan identitas diri (scan KTP/SIM). Peserta wajib mengisi dan menandatangani surat pernyataan.

Persyaratan umum: Logo yang dinyatakan sebagai pemenang, secara sah menjadi milik panitia; Panitia berhak untuk mengubah baik bentuk, ukuran maupun warna dan memakainya untuk semua keperluan tanpa adanya kewajiban memberikan royalti kepada pemenang; Karya yang diterima harus lengkap mengikuti persyaratan yang sudah ditetapkan, apabila tidak memenuhi syarat, karya akan didiskualifikasi dan tidak diikutsertakan dalam penilaian; Desain logo harus merupakan karya orisinal dan belum pernah dilombakan di tempat lain secara formal, dibuktikan dengan surat pernyataan ditandatangani di atas meterai 6000; Peserta wajib memenuhi semua perundang-undangan, peraturan dan ketentuan yang berlaku. Bila terjadi pelanggaran, maka peserta harus membebaskan panitia dari segala beban dan tanggung jawab apabila adanya tuntutan dari pihak ketiga atau pihak yang berwajib.

Kriteria logo: Logo memiliki kesesuaian dengan tema, sub tema dan motto Pesparani Katolik Tingkat Nasional II. Temanya “Mewujudkan Persaudaraan Sejati Untuk Indonesia Maju”. Sub Tema “Melalui Pesparani Katolik Tingkat Nasional II di Kupang NTT, Kita Perkokoh Kebersamaan Umat Mewujudkan Visi NTT Bangkit dan Sejahtera untuk Indonesia yang Maju dan Sejahtera”. Motto “Dari Nusa Tenggara Timur untuk Nusantara”; Logo menggambarkan unsur Gereja Katolik yang universal; Logo berupa simbol atau karakter yang menggambarkan potensi/ikon pariwisata dan budaya NTT; Logo wajib mencantumkan teks Pesparani Katolik Tingkat Nasional II Kupang NTT 2020; Penampilan logo aplikatif untuk diterapkan pada berbagai produk turunan kemungkinan teknik dan media, baik 2 dimensi maupun 3 dimensi; Logo harus original dan belum pernah dipublikasikan/dilombakan;Persyaratan administrasi dan teknis lainnya dapat diunduh pada halaman facebook “Pesparani II 2020” atau melalui website LP3KN http://pesparani.or.id/.

Selanjutnya untuk sayembara mars Pesparani, persyaratannya antara lain; Peserta adalah warga negara Indonesia; Materi mars adalah murni karya baru dari pencipta aslinya yang mendaftar sebagai peserta bukan reproduksi, saduran, atau representasi dari karya cipta lagu lain yang pernah ada sebelumnya, baik secara sya maupun melodis.

Jika ada gugatan dari pihak lain panitia tidak bertanggung jawab; Materi mars harus inovatif, inspiratif dan tidak mengandung unsur SARA; Peserta menyerahkan hasil karya langsung ke panitia dengan memasukan soft copy; Panitia memiliki hak eksklusif untuk mengubah dan atau menyempurnakan karya yang terpilih sebagai pemenang.

Ketentuan mars: Lagu/mars merupakan satu karya yang dilombakan dalam rangka kegiatan Pesparani Katolik Nasional II; Lagu/mars memiliki kesesuaian dengan tema Pesparani Katolik Tingkat Nasional II 2020; Lirik mencerminkan nilai-nilai universal Gereja Katolik, nilai kebangsaan, kebhinekaan dan kerukunan; Lirik tidak menyinggung/melanggar/mengejek/mencemooh/SARA/Hoax; Durasi lagu maksimal 3-5 menit terdiri dari 2 ayat dan refrain, bentuk lagu strofik disertai partitur (format PDF) notasi balok dan notasi angka dalam 1 suara; Peserta wajib menyertakan rekaman asli, partitur lagu dan lirik, dengan format lagu/mars: MP3; Lagu/mars yang diciptakan harus dilengkapi dengan penjelasan tentang makna yang terkandung di dalamnya (filosofi).

Ketentuan administratif, peserta dapat mengikuti sayembara ini dengan cara mengisi formulir pendaftaran dan surat pernyataan yang dapat diunduh pada tautan berikut http//:pesparani.or.id; Mengisi formulir pendaftaran yang dilengkapi dengan scan tanda pengenal diri (KTP/SIM); File lagu di email ke sayembaramars.pesparani2020@gmail.com; Kesalahan alamat kirim atau melewati batas waktu yang ditentukan dianggap tidak mengirimkan karya.

Asal tahu, Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik tingkat Nasional II akan digelar di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) tanggal 28-31 Oktober 2020. Sementara Pesparani Katolik tingkat Provinsi NTT II juga akan digelar di Kupang tanggal 12-17 Mei 2020. (*/jdz)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of