Muslimah Peduli Umat Berbagi Berkah kepada Jamaah Masjid

by -134 views

KOTA KUPANG – Muslimah Peduli Umat (MPU) Kota Kupang menggelar aksi sosial rutin setiap Jumat dengan berbagi keberkahan dalam bentuk pemberian makanan kepada jamaah Masjid.

Untuk Jumat (7/2/2020), MPU berbagi keberkahan makanan berupa nasi bungkus, yang dibagikan kepada Jamaah Masjid Al Muttaqin Walikota, Masjid Maulafa, dan juga Masjid Batuplat. Juga kepada anak-anak Panti Asuhan Hidayatullah Baktate. Dalam aksi ini mereka dibantu oleh pihak Polresta.

Koordinator MPU Ariyani Kallu mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menyalurkan sedekah dengan fokus pada makanan dari donatur. “Makanan itu dibagikan untuk jamaah masjid maupun anak-anak panti asuhan,” kata Kallu.

Ariyani Kallu yang akrab disapa Yani menjelaskan, alasan MPU melakukan kegiatan berbagi keberkahan di hari Jumat karena waktu sedekah yang paling utama yakni di hari Jumat. Kata dia, makanan yang disediakan untuk dibagi itu tidak hanya untuk jamaah masjid maupun panti asuhan saja, tapi juga untuk pedagang yang ada di pasar-pasar, dan buruh bangunan.

Komunitas yang beranggotakan sekitar 15 orang tersebut setiap hari Jumat menyediakan makanan 1000 lebih porsi.

“Pada hari ini ada 1450 bungkus nasi yang kami siapkan. Makanan sebanyak itu dapat terkumpul dari hasil sedekah para donatur. Donatur kita di antaranya dari kerabat terdekat, seperti saudara, kakak, dan adik, serta teman-teman,” tuturnya kepada wartawan.

Menurut dia, komunitas yang terbentuk sejak Desember 2018 tersebut, awalnya dari beberapa Muslimah yang memiliki ide yang sama untuk bersedekah.

“Sebelum melakukan kegiatan seperti ini, saya awalnya sudah mengikuti kegiatan yang sama di Jakarta. Lalu saya berkeinginan untuk melakukan kegiatan yang sama di Kupang,” kata Yani, sang inisiator Muslimah Peduli Umat.

Yani menceritakan, dengan keaktifan MPU maka saat ini masyarakat sudah mulai mengetahui keberadaan MPU. “Alhamdulillah sejauh ini, animo masyarakat baik menyambut kita dan mereka semakin tahu,” ujarnya.

Pelaksanaan tempat berbagi keberkahan ini berpindah-pindah masjid dan menyebar di seluruh wilayah Kota Kupang.

Ia juga mengajak masyarakat lain yang mempunyai kecukupan harta untuk bisa bersedekah. “Berbagi keberkahan di mana saja karena kita manusia saling bergantung antara satu dan lainnya,” pesan Yani.

Samiun Hamid, salah seorang guru di SMA Negeri 2 Kupang yang ditemui media ini mengaku bersyukur dengan apa yang dilakukan MPU dengan membagi-bagikan makanan.

“Kita merasa bersyukur karena di kasih makan. Apalagi setelah sholat jumat ada yang lapar dan belum bisa kembali ke rumah bisa mendapatkan makanan yang dibagikan,” kata Samiun Hamid.

Samiun berharap, MPU tetap setia dalam melakukan kegiatan sedekah seperti ini.

Hal yang sama juga diakui Dandi Wahyu. Menurutnya, kegiatan sedekah dengan membagi makanan setelah sholat Jumat sangat membantu sekali. “Kami bersyukur dan berterima kasih. Harapannya agar terus ditingkatkan,” kata Dandi. (*/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *