PLN Pastikan UNBK Lancar, Tapi 151 Sekolah Belum Ada Listrik

by -154 views

Kupang, mediantt.com – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahub 2020 dipastikan berjalan lancar dan tanpa gangguan. Sebab, PLN menyatakan siaga UNBK 2020 dengan segala faslitas pendukung demi suksesnya UNBK.

“PT PLN telah menyiapkan segala peralatan agar pelaksanaan UNBK di Provinsi NTT berjalan dengan baik dan lancar. PLN siaga INBK 2020,” kata I Putu Sudarsa, Senior Manager Teknik pada PT. PLN wilayah cabang Kupang, dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi V DPRD NTT, tentang kesiapan PLN dalam siaga UNBK 2020 di ruang rapat Kelimutu DPRD NTT, Rabu (5/2/20).

Menurut Putu, dalam mendukung kesuksesan UNBK PLN telah menyiapkan berbagai fasilitas pendukung, diantaranya 1 unit posko induk, 4 posko utama dan 19 posko unit, yang tersebar di beberapa titik di NTT dengan fasilitas lainnya, seperti 55 unit mobil, 75 unit motor, UGB 14 unit, UPS 2 unit, genset dan mobil crane.
“Kami berharap agar dengan adanya fasilitas pendukung akan membantu kelancaran dalam pelaksanaan UNBK ini,” tegas Putu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Drs. Benyamin Lola, mengapresiasi langkah yang telah diantisipasi oleh PT. PLN mengingat dari 887 sekolah yang akan mengadakan UNBK, ada 151 sekolah yang belum memiliki pelayanan listrik dan itu akan menghambat pelaksanaan ujian. Jadi diharapkan dengan adanya bantuan dari PLN akan menjawab permasalahan ini.

Anggota Komisi V DPRD NTT, Ana Waha Kolin mengatakan, apa yang diutarakan Kadis P dan K harus menjadi skala prioritas karena jika tidak maka apa yang telah disiapkan secara matang oleh Telkom terkait jaringan komputer atau tempat dan fasilitas pendukung untuk pelaksanaan UNBK berupa komputer tidak dapat beroperasi. “Intinya harus ada kolaborasi yang baik antara PLN, Telkom dan pihak sekolah agar pelaksanaan UNBK dapat berjalan dengan baik,” kata politisi PKB ini.

Ketua Komisi V DPRD NTT, Yunus Takandewa mengapresiasi PLN yang telah menyiapkan layanan khusus dalam kesiapan menghadapi UNBK. Yunus juga beharap agar dengan kesiapan tiga pilar ini yakni PLN, Telkom dan Dinas P dan K, pelaksanaan UNBK 2020 dapat berjalan dengan baik. (jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *