Gubernur VBL Minta ASN Dukung Program Sensus 2020 dan Pilkada

by -154 views

KUPANG – Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) meminta seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Provinsi NTT untuk mendukung dua program nasional yang ada di Provinsi NTT. “Saya minta kita semua dukung Program Nasional yang ada di NTT yakni Sensus Penduduk tahun 2020 dan Pemilihan Kepala Daerah di sembilan kabupaten di NTT,” tandas Gubernur VBL saat apel bersama di halaman gedung Sasando Kantor Gubernur di Jalan El El Tari 52 Kupang, Senin (03/02/2020).

Ikut hadir Wagub NTT, Drs. Josef A. Nae Soi, MM, Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Ben Polo Maing, dan seluruh pimpinan perangkat daerah lingkup Pemprov NTT serta ratusan ASN juga sejumlah ASN yang akan memasuki masa purna tugas diantaranya Drs. Sinun Petrus Manuk (mantan Kadis PMD NTT), Dra. Sisilia Sona (mantan Kadis Kop, Nakertrans NTT, dan Karo Umum Drs. Hali Lanan Elias).

Data Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT menyebutkan ada 125 ASN yang purna tugas terhitung Januari sampai dengan Maret 2020 yang terdiri dari golongan IV sebanyak 53 orang, golongan III sebanyak 64 orang, golongan II sebanyak 7 orang dan golongan I sebanyak 1 orang.

Sensus Penduduk, sebut Gubernur VBL, harus didukung agar bisa diketahui populasi penduduk baik di Indonesia maupun di NTT. “Kita harus terlibat secara aktif. Sehingga kita tahu populasi penduduk di NTT maupun di Indonesia. Sekarang populasi penduduk di dunia 7,7 miliar orang,” ucap Gubernur VBL.

ASN Harus Netral

Gubernur VBL juga meminta seluruh jajaran ASN untuk bersikap netral menyikapi konstelasi Pilkada di sembilan kabupaten di NTT. “ASN harus netral,” tegas Gubernur dan menambahkan, “memang tadi pagi saya baca di media ada tiga daerah yang dikategorikan merah atau rawan.”

Sebagaimana diketahui, sembilan kabupaten yang melaksanakan Pilkada antara lain : Malaka, Belu, TTU, Ngada, Manggarai, Manggarai Barat, Sabu Raijua, Sumba Timur dan Sumba Barat. Sedangkan tiga daerah yang dianggap rawan sesuai catatan pihak kepolisian antara lain : TTU, Manggarai dan Sumba Barat. (valeri/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *