SERPONG – Politikus senior Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan berpesan kepada Airlangga Hartarto agar merangkul semua kader jika kembali terpilih menjadi Ketua Umum Golkar.

Pesan itu disampaikan Luhut pada saat menghadiri pertemuan para senior Golkar dengan pimpinan DPD I dan II Golkar se-Indonesia di Hotel Solitaire, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, pada Senin malam, 2 Desember 2019.

“Saya titip Pak Airlangga sekali lagi, Insya Allah anda terpilih,” ucapnya. “Dirangkullah semua, jangan ada berkelahi-berkelahi lagi.”

Hadir pula dalam acara itu antara lain Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie dan Wakil Ketua Dewan Kehormatan Akbar Tandjung. Acara diadakan menjelang Munas X Golkar pada Selasa, 3 Desember 2019.

Perebutan kursi ketua umum Golkar memanas di antara dua kubu, yakni Airlangga Hartarto yang juga ketua umum inkumben dan Bambang Soesatyo alias Bamsoet yang kini menjabat Ketua MPR.

Menurut Luhut, dia telah bicara dengan Airlangga dan Bamsoet secara pribadi. Dia juga bicara dengan Aburizal Bakrie. Kepada ketiganya, Luhut mewanti-wanti perseteruan memperebutkan Ketua Umum Golkar jangan berlarut-larut.

“Ayo, kenapa kita mesti berantem-berantem lagi?”

Menko Kemaritiman dan Investasi tersebut menilai wajar saja jika ada gejolak dan dinamika di internal Golkar. Namun jangan ada sikap menyalahkan atau mempermalukan pihak lawan.

“Jadi saya bilang, karena kita mau munas. Jadi saya titip satu saja. Saya berharap pemilihan damai,” ujar Luhut.

Dibuka Hari Ini

Musyawarah Nasional (Munas) Pesta Golkar dibuka Selasa (3/12/2019) hari ini. Munas akan digelar di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan, dan dimulai pukul 19.00 WIB.

Mengawali Munas, sesuai jadwal acara yang didapat Kompas.com, Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto akan menyampaikan sambutan.

Selanjutnya, Munas akan dibuka dengan menyambut Presiden Joko Widodo.

Munas menyambut dengan agenda rapat paripurna I Golkar. Saat rapat paripurna akan diisi dengan pengesahan jadwal acara, pengesahan tata tertib, hingga pemilihan pimpinan Munas.

Munas akan berlangsung selama empat hari ke depan Jumat (6/12/2019), dengan salah satu agenda pemilihan Ketua Umum Golkar periode 2019-2024.

Nama kader Golkar telah disetujui sebagai calon ketua umum yakni, Airlangga Hartarto, Bambang Soesatyo, politisi senior Golkar Agun Gunandjar, Indra Bambang Utoyo, Derek Loupatty, Mohamad Ali Yahya, Ridwan Hisjam dan Ahmad Anama. (tem/kpc)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of