KUPANG – Sebagai bagian dari peningkatan ekonomi keluarga, Dekranasda Kota Kupang menyelenggarakan pelatihan menganyam bagi ibu rumah tangga yang dilaksanakan pada Jumat (15/11/2019), bertempat di sekretariat Dekranasda Kota Kupang. Para ibu rumah tangga yang dilatih begitu antusias mendengarkan arahan instruktur saat melaksanakan praktek menganyam dengan bahan daun lontar.

Terpantau pada saat itu peserta sedang menganyam membuat kerajinan tas dari daun lontar serta topi pantai.

Menurut Ketua Dekranasda Kota Kupang Hilda Riwu Kore-Manafe, SE. MM mengatakan, “Ini adalah salah satu bentuk kegiatan dari program ekonomi kreatif. Program ini akan dijalankan kontinue sehingga peserta yang terlibat akan menciptakan lapangan kerjanya sendiri dan berdampak pada peningkatan penghasilan”.

Sebagai bagian tak terpisahkan dari pemerintah Kota Kupang, kami siap mendukung walikota menciptakkan lapangan kerja baru dan lapangan kerja sendiri bagi warga. “Tugas kami adalah memberikan pelatihan, memberikan support dan mengawal atau membantu pemasaran. Ke depan perlu ada program yang dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang tentunya akan berdampak pada peningkatan ekonomi warga Kota Kupang,” kata Hilda.

“Sebagai jabatan mengikat, saya adalah Ketua TP. PKK dan Dekranasda Kota Kupang karena saya istri walikota. Namun saya juga memiliki tugas pokok sebagai anggota DPD RI periode 2019-2024. Saya tentunya tidak selalu bersama-sama dengan pengurus baik TP PKK maupun Dekranasda setiap hari. Namun ada mekanisme yang kami atur sebaik mungkin agar semuanya berjalan dengan baik agar menjawab kebutuhan masyarakat. Saya sudah percayakan penuh kepada teman-teman pengurus dan saya selalu mengawasi, mengontrol dan mengarahkan bagaimana pengelolaan anggaran dan hal-hal lainnya. Kami selalu melakukan evaluasi terkait kegiatan-kegiatan kami. Mana yang sudah jalan, sedang berlangsung dan hasilnya bagaimana. Terukur apa tidak, rencana tindak lanjutnya bagaimana”.

Diakhir kunjungan Hilda mengatakan “ tolong bantu saya dengan dukungan dan kerja sama yang maksimal. Saya juga bertanggung jawab memperjuangkan kepentingan masyarakat NTT di Senayan sebagai anggota DPD RI atau biasanya disebut senator”. (jk)