Pelestarian Rusa Timor Dapat Perhatian Khusus Ditjen KSDAE

by -145 views

Kupang, mediantt.com – Pelestarian Rusa Timor mendapat perhatian khusus Direktorat Jenderal (Ditjen) Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Perhatian itu ditandai dengan digelarnya kegiatan khusus “Festival Menipo” di Kota Kupang, pekan kedua November mendatang.

Menipo adalah nama kawasan konservasi di Desa Enoraen, Kabupaten Kupang. Kawasannya berupa gundukan pulau kecil di pesisir selatan Timor, bagian NTT, berjarak sekitar 119 km sebelah timur Kota Kupang. Gundukan pulau mungil itu sejak turun temurun merupakan kawasan khusus “penangkaran” Rusa Timor.

Direktur Jenderal KSDAE, Wiratno dijadwalkan secara resmi membuka festival tersebut. Kegiatan itu tujuan utamanya menggugah masyarakat setempat agar semakin memahami pentingnya pelestarian rusa timor beserta kawasan habitatnya.

“Festval itu juga bertujuan mengingatkan masyarakat Timor khususnya, bahwa melestarikan rusa timor itu merupakan simbol penghormatan bagi leluhur mereka,” jelas Wiratno melalui telepon selulernya, Senin (29/10/2019).

Mengutip kisah sejumlah warga Desa Enoraen, gundukan pulau mungil yang belakangan dikenal Menipo, adalah serapan dari aslinya bernama Menifon. Kata menifon itu adalah paduan nama pasangan leluhur Timor di Enoraen, yakni Meni dan Fon. Pasangan leluhur itu dikenal sebagai penyayang binatang terutama rusa.

Ketika zamannya, hewan liar itu selalu jinak dan akrab dengan Menifon dan keluarganya. Rusa yang ditangkap dan dibunuh hanya sebatas untuk kebutuhan lauk di rumah atau keperluan terbatas lainnya.

Menurut kelanjutan kisahnya, seiring perjalanan waktu, perlilaku rusa belakangan menjauh dan liar. Menifon pun mulai kesulitan menangkapnya. Setelah dilakukan pengusutan, ternyata perubahan perilaku rusa yang menjauh dan liar itu akibat ulah menyimpang sekelompok warga. Tanpa sepengetahuan Menifon, mereka secara serakah menangkap dan membunuh hewan liar itu hanya sekadar bersenang senang.

Mengetahui ulah negatif sekelompok warganya itu, Meni dan Fon terpanggil menyelamatkan kawanan rusa. Usaha yang dilakukannya adalah memindahkan beberapa pasang rusa ke kawasan gundukan pulau yang kemudian bernama Menifon lalu berubah menjadi Menipo itu.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) NTT, Timbul Batubara menjelaskan, Festival Menipo yang berlangsung selama tiga hari, pada intinya mengenang jasa luhur leluhur Menifon. Berbagai atraksi budaya khas Timor akan dipentaskan.

Warga yang dilibatkan akan digugah perannya guna menguatkan rasa memiliki mereka atas TWA (Taman Wisata Alam) Menipo. “Apalagi rusa timor yang sekarang ada termasuk di Menipo, terjaga keberadaannya berkat jasa leluhur mereka,” tambah Timbul di Kupang, Senin (29/10/2019) jelang petang. (jdz)