“Pak Viktor Sungguh Sosok yang Luar Biasa”

by -110 views

UMALEU – Kamis, 22 Februari 2018, Calon Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat dan rombongan, tiba di Bandara Udara Wuno Pito, Lewoleba, Lembata. Cagub akan melakukan pertemuan di dua titik: Desa Umaleu, Kecamatan Buyasuri dan Aula Damian, Kecamatan Nubatukan, Lewoleba.

Tiba di bandara, Viktor disambut dengan sapaan adat dan suguhan tarian anak-anak SMK Stella Maris Lewoleba. Maxi Hadung Boleng, tokoh masyarakat menyuguhkan tuak dan tembako koli kepada Calon Gubernur Viktor Laiskodat.

“Selamat Datang di Lembata, Calon Gubernur Bapak Viktor Bungtilu Laiskodat! Masyarakat dan tanah Lembata menerimamu sepenuh hati dan mendukungmu menuju NTT 1. Tuhan berkati; Lewotana Leu Awuq menyertai dalam niat tulus ini,” tutur Hadung Boleng.

Usai diterima secara adat, Cagub Viktor dan rombongan menuju titik pertama kampanye terbatas di Desa Umaleu, Kecamatan Buyasuri.

Umaleu. Desa kecil di Wairiang, kota Kecamatan Buyasuri, ujung timur Pulau Lembata. Umaleu juga berada di tengah keramaian aktivitas Pasar Wairiang, pasar yang jadi ikon perdagangan teramai bagi masyarakat Uyelewun Raya (sebutan untuk masyarakat dua kecamatan: Omesuri dan Buyasuri).

Di gerbang masuk Desa Umaleu, warga masyarakat Uyelewun Raya menerima Calon Gubernur Victory-Joss, Viktor Bungtilu Laiskodat dan rombongan yang melakukan kampanye di Uyelewun Raya dengan titik pertemuan di Umaleu.

Di gerbang desa, di tengah kepungan panas yang menyengat, sehelai selendang khas Kedang, dikenakan kepada sang tamu penting: Cagub Viktor Bungtilu Laiskodat. Sapaan adat diikuti suguhan tuak kelapa, minuman lokal yang disadap dari kelapa dan makan sirih pinang. Sang tamu penting: Viktor Bungtilu Laiskodat tentu bahagia, sebahagia masyarakat yang merasa mendapat kehormatan dari kunjungan tersebut.

Kehadiran Cagub Viktor Laiskodat membuat masyarakat tumpah ruah. Warga Kedang dari Kecamatan Omesuri dan Buyasuri, tumpah ruah di kompleks Pasar Wairiang, Desa Umaleu.

Warga begitu antusias melihat dan mendengar langsung Cagub Viktor Laiskodat berbicara di hadapan mereka. Walau hanya rapat terbatas, namun antusias masyarakat Uyelewun Raya seakan tak bisa dibendung, padahal panitia sudah membatasi jumlah massa hanya sekitar 2.000 orang.

Di kompleks Pasar Wairiang, warga Uyelewun Raya yang merupakan pendukung setia dan simpatisan Pasangan Calon Viktor Bungtilu Laiskodat-Josef A Nae Soi, sudah mulai berdatangan ke lokasi kampanye rapat terbatas sejak pukul 08.00 Wita, walau jadwal kampanye baru dimulai pada pukul 12.00.

Kampanya terbatas yang digelar bertepatan dengan hari pasar itu memantik perhatian para pengunjung pasar yang dengan sukarela mendatangi lokasi kampanye rapat terbatas.

Rikardus Labi Kobun, seorang warga, mengaku sangat senang mendengar gagasan Cagub Viktor Laiskodat. “Pak Viktor sungguh sosok yang luar biasa. Gagasannya mengirim putera-puteri NTT melanjutkan pendidikan dan pelatihan ke luar negeri sangat baik. Ini sekaligus menantang kami untuk mendidik dan mengajar anak-anak kami agar kelak bisa ikut berkompetisi melanjutkan pendidikan dan pelatihan ke luar negeri,” kata Kobun.

“Pak Viktor datang di kedang dan lihat langsung kondisi di sini. Kami dukung Viktor dan Pak Josef bisa terpilih supaya bisa bantu bangun Kedang terutama jalan raya yang masih rusak,” ujar seorang simpatisan lainnya.

Lamahala dan Menanga

Setelah menunaikan kampanye di zona 4 wilayah Lembata di dua titik; Desa Umaleu dan Aula Dekenat Lembata, Cagub Viktor bergeser ke Flores Timur, khususnya di Lamahala (Adonara) dan Menanga (Solor).

Dari Lamahala, Cagub Viktor bergerak ke Menanga. Speed boat membelah ombak tanpa beban. Ia menyapa Menanga, pelabuhan teramai di Solor, pulau yang juga pernah menawan hati para misionaris dalam misi penyebaran agama Katolik tempo doeloe.

Dan Jumat (23/2), speed boat yang membawa rombongan Cagub Viktor Laiskodat, menyambangi Menanga, Kecamatan Solor Timur, Kabupaten Flores Timur.

Kurang lebih tiga puluh meter dari bibir pantai, hedung, ‘perang’ para penari tersuguh menyambut Cagub Viktor Bungtilu Laiskodat dalam rangkaian kampanye di Menanga.

Solor bukanlah pulau asing bagi Cagub Viktor Laiskodat. Pulau indah di beranda Larantuka, kota Kabupaten Flores Timur, itu sudah diakrabi Laiskodat sejak beberapa tahun silam dalam hajatan politik Pilgub NTT saat berpasangan dengan Drs Simon Hayon.

Dan kali ini antusiasme masyarakat menyambut Laiskodat begitu besar. Masyarakat tumpah di pelabuhan Menanga. Mulai dari gerbang masuk pelabuhan hingga tempat pelaksanaan kampanye tak jauh dari kantor desa.

Dari tanah Lamaholot dan Solor Watan Lema, ada asa memiliki Gubernur baru. Calon Gubernur-Wakil Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat-Josef A Nae Soi adalah asa itu untuk NTT, tanah Flobamora. Salam Victory-Joss dari Menanga. Kita Bangkit Kita Sejahtera. Tuhan, Lera Wulan Tanah Ekan, tentu hadir dalam niat mulia ini. (ans/jdz)