Rotary Club TimorRaya Bersihkan Sampah Plastik di Lasiana

by -190 views

Kupang, mediantt.com – Rotary Club D3420 Kupang TimorRaya bersama Rotaract dan Interact Fortuna Kupang, Sabtu (24/2/2018).membersihkan sampah di sepanjang Pantai Lasiana.

President Election (PE), Ratnaningsri Hermawati, yang akrab disapa “Nana Pongkapadang” menuturkan, aksi bersihkan pantai sebagai wujud kepedulian terhadap kebersihan dan kenyamanan lokasi wisata, terutama wisata pantai yang ada di seputaran Kota Kupang.

“Pantai sebagai destinasi wisata masyarakat kota patut dijaga dan diperlihara agar tetap bersih dan indah dari sampah terutama sampah plastik. Karena kontribusi sampah plastik bagi pencemaran lingkungan saat Ini sangat dominan. Apalagi, sampah plastik butuh waktu ratusan tahun untuk didaur oleh alam,” tegas Nana.

Pantauan mediantt.com, para rotarian sangat bersemangat memungut sampah plastik tanpa rasa malu dan canggung, apalagi dilakukan oleh para anak remaja usia 13- 17 tahun yang tergabung dalam Interact.

Gerakan Memungut Sampah (Gemes) ini dicanangkan oleh President Rotaract Fortuna Kupang, Fery Kasse, sebagai salah wujud kepedulian dan pemenuhan kebutuhan fisik dan sosial bagi masyarakat dan lingkungan sekitar, sekaligus promosi hubungan yang lebih baik melalui kerjasama, persahabatan dan pelayanan.

“Kami berharap Gemes bisa dijadikan promosi dan aksi bersama oleh komunitas dan masyarakat,” kaga Fery.

Ia menambahkan, ke depan Rotaract, Interact dan Rotary tetap bersinergi untuk pembersihan pantai, terutama pantai yang menjadi destinasi wisata, seperti Hutan Manggrove Oesapa, Pantai Batu Kapala, Pantai Batu Nona dan pantai lain di seputaran Kota Kupang. (rony)