Besok Victory-Joss Deklarasi di Labuan Bajo, 15 Ribu Massa Dipastikan Hadir

by -33 views

Labuan Bajo, mediantt.com – Pasangan Cagub-Cawagub NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat-Josef Nae Soi, mulai melakukan safari politik di daratan Flores, yang dimulai dari Labuan Bajo, Manggarai Barat. Di Bumi Komodo itu pasangan bersandi politik Victory-Joss ini akan menggelar deklarasi, Sabtu (27/1/2018), besok. Deklarasi itu diprediksi bakal dihadiri sekitar 15 ribu massa pendukung dari seluruh kecamatan di Manggarai Barat.

“Persiapan deklarasi sudah mencapai 100 persen. Massa yang hadir dipastikan 15 ribu orang, yang sudah mendaftarkan diri di masing-masing tim yang ada di desa-desa. Jadi jumlah massa ini yang benar-benar sudah tercatat dan dipastikan hadir besok,” jelas Sekertaris DPD NasDem Kabupaten Mabar, Irenius Surya, kepada wartawan, Jumat (26/1).

Ia merincikan, jumlah massa pendukung Victory-Joss yang sudah tercatat dan akan datang besok adalah, dari Dapil III sebanyak 4.300 orang, Dapil II 3.322 orang dan Dapil I sebanyak 7.480 orang. Massa akan tiba di Labuan Bajo pada Sabtu (27/1) pukul 10.00 Wita.

Secara terpisah, Ketua DPD II Golkar Kabupaten Mabar, Mateus Hamsi menuturkan, Golkar Mabar akan kerja keras menangkan Victory-Joss di Kabupaten Mabar.

Menurut dia, Golkar memiliki massa akar rumput yang jelas di Kabupaten Manggarai Barat. Apalagi, Golkar sudah dua kali menang dalam Pemilu di Kabupaten Mabar selama ini,” tegas Mateus Hamsi.

Disambut Ritual Adat

Dari Labuan Bajo dilaporkan, Cagub NTT, Vikctor Laiskodat disambut Ritual Adat ‘Weras Dea’ dan tari Danding saat mendarat di Labuan Bajo, Jumat, (26/1p) pagi.

Viktor diterima oleh puluhan relawan dan simpatisan di Bandara Komodo. Diawali dengan pengalungan selendang dan penyematan topi khas Manggarai, Victor lalu diritualkan dengan tuak tiba dan manuk kapu.

Selain ritual itu, Viktor Laiskodat juga diterima dengan ritual adat ‘weras dea’, sebagai tanda ada kekuatan baru berasal dari alam dan leluhur bagi Viktor.

Usai ritual weras dea, Viktor diiringi tari danding diarak ke penginapan di sebuah hotel di Labuan Bajo.

“Ritual weras dea dilakukan agar Pak Victor Laiskodat mendapat kekuatan baru dari alam dan leluhur di Manggarai Barat,” kata Kristoforus, seorang relawan Victor-Joss Mabar.

Relawan yang datang menyambut Viktor semuanya mengenakan busana adat Manggarai. Selain Relawan, pengurus partai koalisi pendukung Victory-Joss juga hadir di Bandara Komodo.

Setelah itu, Viktor dijadwalkan bertemu ribuan relawan Victory-Jos di Komodo Selatan dan sejumlah tokoh masyarakat di Labuan Bajo. (tim media)