Bupati Yentji Sunur Pecat Sekda Piet Atawolo

by -336 views

LEWOLEBA – Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur, ST, membuat kebijakan mengejutkan di awal tahun 2018. Dalam rapat bersama seluruh pimpinan organiasi perangkat daerah (OPD), Selasa (2/1/2018), melalui Wakil Bupati Dr Thomas Ola Langoday, Bupati Sunur memecat Sekretaris Daerah (Sekda) Petrus Toda Atawolo.

Sebagai gantinya Bupati Sunur menunjuk Kepala Dinas Penda dan PKAD, Atanasius Amuntoda, sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekda Lembata.

Dikutip dari laman arksiterkini.com, pengumuman yang disampaikan wakil Bupati ini didengar langsung oleh Petrus Toda Atawolo. Namun ia sama sekali tak memberikan perlawanan. Beberapa pimpinan SKPD tampak mencoba menghibur Atawolo.

Sumber akurat menjelaskan, pencopotan Atawolo –yang masih aktif sebagai ASN satu tahun lagi, dilatari sejumlah kepincangan di tubuh birokrasi Lembata. Antara lain, penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2018 yang jauh dari visi misi Bupati – Wabup periode 2017-2022. Juga, lambannya Pemkab Lembata mengajukan ranperda perubahan struktur organisasi Pemkab Lembata, serta pemenuhan kebutuhan Bupati dan Wakil Bupati yang tak dilayani secara maksimal. Mobil dinas Bupati maupun Wabup masih belum diperbaiki, padahal sudah beberapa lama rusak.

Sumber lain juga menerangkan bahwa ketegangan antara Bupati Sunur dengan Sekda Atawolo sudah berlangsung lama. Bahkan, sejak Sunur masih menjabat pada periode pertama. “Ini akumulasi dari ketegangan yang selama ini terjadi,” kata sumber aksiterkini.com yang minta namanya tidak dipublikasikan.

Atawolo sendiri belum berhasil ditemui untuk konfirmasi. Saat dihubungi ke ponselnya, sedang tidak aktif. Sehingga belum diketahui apakah Atawolo akan menerima keputusan pembebastugasan dirinya atau melakukan perlawanan secara hukum.

Langkah pembebastugasan pejabat eselon ini merupakan yang kedua kali dilakukan Bupati Sunur. Sebelumnya, ia membebastugaskan Kepala Badan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Basilius Boli, SH. (*/che)