Bupati Belu Ingkar Janji, Touring Etape Dua Bersama Dandim

by -61 views

ATAPUPU – Para Bikers Tour the Timor kembali memulai touring dari etape dua dari titik star di Pantai Pasir Putih, Atapupu, Belu, menuju etape ketiga di Kabupaten TTU. Lintasan touring ini melalui jalur pantai utara menuju Wini dan Tanjung Bastian.

Pelepasan touring ini dilakukan oleh Kepala Dinas Pariwisata NTT Marius Jelamu dan Dandim 1605 Belu Letkol I Gusti Dwika.

Disaksikan mediantt.com, antusiasme warga terhadap even nasional ini tak seperti di Kabupaten Malaka yang sangat luar biasa. Warga Betun tumpah ruah di jalan menyaksikan pelepasan touring ini, sembari melambaikan tangan dengan gembira kepada setiap bikers. Di Pasir Putih Belu, hampir tidak ada warga yang ikut menyaksikan, kecuali warga yang kebetulan berjualan di obyek wisata Pantai Pasir Putih. Utusan dari Pemkab Belu pun tidak ada, kecuali beberapa staf Dinas Pariwisata Belu. Bupati Belu Wily Lai yang berjanji akan bersepeda Bersama club-nya menghantar para bikers pun cuma pepesan kosong. “Pa Bupati Belu hanya omong kosong,” kesal seorang bikers.

Tidak ada semarak pelepasan seperti di Betun dengan tarian Likurai yang sangat teatrikal. Pemkab Belu sepertinya tidak siap untuk even ini, padahal ini adalah even yang digelar untuk kedua kalinya.

Kadis Marius Jelamu kepada wartawan mengatakan, Tour the Timor merupakan salah satu upaya dan strategi marketing pariwisata untuk menciptakan branding baru pariwisata di Pulau Timor.

“Selain Festival Likurai yang masuk even nasional, kita berharap Tour The Timor menjadi ajang menciptakan branding baru pariwisata Timor. Itu prinsip dasar kita,” kata Jelamu.

Kendati belum semua Pemkab memberikan perhagtan serius kepada even ini, namun Jelamu tetap berharap kerjasama terus dilakukan untuk perbaikan even ini agar lebih baik di tahun depan.

Sementara itu, Dandim Belu Letkol Gusti menuturkan, pihaknya berterima kasih bisa dilibatkan dalam even promosi pariwisata Timor ¬†lewat Tour the Timor. “Semoga tahun depan kita tetap bekerja sama antara TNI dan Pemprov NTT agar even ini tetap dilaksanakan. Kami harapkan pesertanya lebih banyak agar lebih efektif memperkenalkan destinasi pariwisata di Timor,” kata Dandim asal Bali ini, yang juga bersama anggotanya ikut bersepeda menghantar para bikers menuju Wini, TTU. (jdz)