Bupati TTU Sebut Pendamping Desa Tidak Bermanfaat

by -59 views

KEFAMENANU – Hadirnya sejumlah Tenaga Ahli, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa, di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), untuk mengawal dana desa, ternyata tidak memberi dampak dan manfaat apa-apa bagi desa. Bupati TTU, Ir Raymunds Sau Fernandez, malah menyebut kehadiran mereka tidak bermanfaat bagi desa binannya.

“Fasilitator dan pendamping yang dibiayai oleh Pemerintah Pusat tidak bermanfaat apa-apa, terutama pendamping lokal desa yang ada di desa itu sama sekali tidak bermanfaat,” kritik Bupati dua periode itu kepada wartawan di Kefamenanu, akhir Oktober lalu.

Pernyataan keras Bupati Ray yang juga Cagub NTT ini diungkapkan karena hampir seluruh desa yang ada di Kabupaten TTU, dalam pengelolaan dana desa terjadi banyak permasalahan.

“Banyak pihak terutama kepala desa tidak mengerti tentang perencanaan, Apalagi terkait administrasi, sangat amburadul, seperti perhitungan volume kegiatan dengan harga satuan saja sangat bertentangan,” ungkap kader dan politisi PDIP ini.

Ditanya soal keterlibatan Pemerintah Daerah dalam pengelolaan Dana Desa, Bupati Raymundus menandaskan sama sekali tidak mengetahui proses pengelolaannya. Ia mengaku hanya dilibatkan apabila terjadi permasalahan.

“Pendamping saja kita tidak tahu, karena mereka langsung di desa. Tidak pernah lapor diri di pemerintah kabupaten. Saya baru tahu setelah inspektorat lakukan audit untuk para kepala desa terkait pengelolaan dana desa,” tegasnya. (*/jdz)