Musim Hujan Awal November, Waspadai Petir dan Angin Kencang

by -198 views

KUPANG – Stasiun Klimatologi Lasiana Kupang, Nusa Tenggara Timur memperkirakan awal musim hujan untuk wilayah ini terjadi pada minggu ketiga November 2017.

“Hujan yang terjadi saat ini merupakan false rain (hujan tipuan). Namun, dalam masa peralihan musim ini, masyarakat harus waspada karena sering terjadi petir dan angin kencang,” kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi, Stasiun Klimatologi Lasiana Kupang Fera Adrianita di Kupang, Selasa (24/10).
Menurut Fera, berdasarkan prakiraan BMKG bahwa wilayah Nusa Tenggara Timur mulai memasuki musim hujan pada minggu ketiga bulan November 2017.

Hujan yang terjadi saat ini sebagai dampak pembelokan angin yang menyebabkan pergerakan angin menjadi lamban sehingga memicu pertumbuhan awan yang kemudian mendatangkan hujan.

Selain itu, kata Fera, suhu muka laut yang hangat sehingga banyak menyuplai uap air ke atmosfer menyebabkan terbentuknya awan dan hujan.

“Perkiraan kami musim hujan baru berlangsung minggu ketiga November. Hujan yang terjadi saat ini hanya merupakan hujan awal memasuki musim hujan namun secara klimatologis NTT belum memasuki musim hujan,” tegas Fera.

Ia menegaskan masyarakat NTT perlu mewaspadai ketika memasuki peralihan musim hujan karena selalu diikuti dengan terjadinya angin kencang dan petir.  (ant)

Foto : Fera Adrianita