Waspada! Gelombang 3,5 Meter di Perairan NTT

by -77 views

KUPANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) El Tari Kupang, melaporkan, gelombang setinggi 3,5 meter berpotensi terjadi di wilayah perairan selatan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Potensi gelombang tinggi di wilayah perairan NTT bagian selatan hingga barat akan terjadi dalam beberapa hari ke depan,” kata Prakirawan dari BMKG El Tari Kupang, Ni Putu Nonik Prianti kepada Antara di Kupang, Rabu (17/10).

BMKG juga mengingatkan gelombang setinggi 2-3 meter akan terjadi di Selat Sape, Selat Flores, Selat Alor dan perairan Selatan Kupang, Pulau Timor.

Wilayah perairan lain yang harus diwaspadai karena berpotensi terjadinya gelombang tinggi adalah Selat Sumba, Laut Sawu dan wilayah perairan Selatan Pulau Sumba, katanya menjelaskan.

Tinggi gelombang yang terjadi saat ini bisa saja mencapai dua kali melebihi prediksi BMKG sehingga perlu diwaspadai. Karena itu, BMKG mengingatkan operator pelayaran dan juga nelayan untuk selalu waspada karena gelombang tinggi tersebut akan disertai dengan angin yang cukup kencang, katanya.

Mengenai pemicu, dia mengatakan, gelombang tinggi yang terjadi disebabkan adanya tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah Barat Daya Sumatera dan sebelah Barat Laut Australia.

Daerah belokan angin terdapat di selatan Laut Timor, kondisi tersebut juga yang memberi peluang pertumbuhan awan beberapa hari terakhir.

Mengenai cuaca, dia menambahkan, data cuaca menunjukan cerah berawan akan mendominasi hari ini hingga dini hari nanti dengan suhu udara berkisar 22 -35 derajat celcius.

Sedangkan bagi yang berada di Bajawa dan Ruteng, Pulau Flores, suhu udara berkisar 16 -27 derajat celcius. Potensi hujan lokal pada siang hingga sore hari akan terjadi di tiga tempat yaitu Labuan Bajo, Ruteng dan Kalabahi.

Sementara kecepatan angin yang bergerak dari arah Timur ke selatan mencapai 10 – 30 km/jam. (*)