Wagub Serahkan Hewan Kurban dari Presiden dan Pemprov NTT

by -176 views

KUPANG – Masjid Al Fattah, Kelurahan Solor, Kota Kupang, menerima sumbangan hewan kurban dari Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, berupa satu ekor sapi dengan berat satu ton (1000 kg). Masjid Al Fattah juga menerima sumbangan satu ekor sapi dari Gubernur Frans Lebu Raya, atas nama Pemerintah Provinsi dan masyarakat NTT. Penyerahannya dilakukan Wakil Gubernur NTT, Benny A. Litelnoni, kepada Imam Masjid Al Fattah H. Idrus Lamaya, di halaman Masjid Al Fattah, Kupang, Jumat (1/9) pagi.

Sapi kurban yang diberikan Presiden Joko Widodo, diterima pengurus dan umat Masjid Al Fattah, mewakili umat muslim di NTT merupakan satu-satunya hewan kurban yang diberikan sehubungan dengan perayaan Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah. Sedangkan hewan kurban sumbangan dari Pemprov NTT seluruhnya berjumlah 15 ekor sapi kepada 15 Masjid di NTT.

Wagub Benny Litelnoni mengatakan, sumbangan hewan kurban ini sebagai rasa ucapan syukur atas hari yang bersejarah dan hari kemenangan bagi umat muslim. Sehingga pemerintah pusat dan pemerintah provinsi senantiasa memberikan apresiasi serta dukungan kepada umat muslim yang merayakan.

Menurut Wagub, Pemprov NTT tetap memberikan apresiasi dalam merajut kebersamaan, solidaritas yang tinggi dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat demi suksesnya pembangunan di daerah ini. “Kiranya lewat sumbangan ini jangan dilihat dari besar-kecilnya tapi merupakan suatu bentuk partisipasi yang memiliki makna untuk senantiasa tetap menjaga persatuan dan kesatuan diantara kita,” tambah Wagub Litelnoni.

Imam Masjid Al Fattah, H. Idrus Lamaya, dalam sambutannya mengatakan, Masjid Al Fattah, mendapat sumbangan satu ekor sapi dari Presiden Joko Widodo dan satu ekor sapi dari Gubernur serta Wakil Gubernur NTT, perlu disampaikan rasa syukur dan terima kasih yang mendalam dari segenap jemaah Masjid Al Fattah. “Atas nama umat, kami sampaikan banyak terima kasih atas sumbangan hewan kurban, semoga yang maha kuasa memberikan pahala setimpal,” ujarnya.

Hamzah M. Iyang (Imam Masjid Al Fattah) selaku panitia Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah, menjelaskan, Masjid Al Fattah untuk Hari Raya Idul Adha menyembelih enam ekor sapi dan 11 ekor kambing. Jumlah hewan kurban ini, kata dia, belum termasuk dengan adanya penyembelihan hewan kurban di masing-masing keluarga. “Jadi hewan kurban yang disembelih akan dibagikan kepada seluruh umat di lingkup Masjid Al Fattah, kelurahan Solor,” tuturnya.

Untuk diketahui, sesuai data yang diperoleh, untuk penyembelihan hewan kurban total secara keseluruhan pada 60 Masjid yang ada di Kota Kupang sebanyak 490 ekor sapi dan 1.425 ekor kambing. Sedangkan sumbangan hewan kurban terbanyak dari kelompok Kerukunan Sosial Keluarga Jawa, 44 ekor sapi dan 34 ekor kambing. Menyusul Yayasan Ibadurachman Kupang, 36 ekor sapi dan 35 ekor kambing serta dari Nurul Hidayah Kelapa Lima, menyembelih 26 ekor sapi dan 39 ekor kambing. (hms/son)