TK Barunawati Edukasi Anak Menanam Sejak Dini

by -195 views

Kupang, mediantt.com Taman Kanak Barunawati di Kota Kupang, memperkenalkan model edukasi yang baik kepada anak didiknya dengan menanam sejak dini. Anak-anak diperkenalkan menanam tumbuhan (pohon) di halaman sekolah tersebut. Pantauan media ini, Kamis (31/8), anak anak kisaran usia 3-5 tahun dibekali dengan kesadaran dan kecintaan akan tumbuhan, yang dimulai dengan mengenal berbagai jenis tumbuhan, pupuk organik, kantung tanam dan cara menanam yang benar dan baik.

Anak anak tampak senang dan antusias. Dengan berbagai ekspresi mereka mendengarkan penjelasan guru dan dengan gesit menyiapkan wadah tanam, mengambil tanah dan mulai menanam serta menyiram tanaman yang telah mereka tanam dalam wadah plastik.

Kepala TK Barunawati, Sari Dewi Astuti, SPd mengatakan, misinya ingin mengenalkan lingkungan nyata kepada anak-anak seperti menanam tumbuhan, menanamkan nilai cinta dan peka terhadap lingkungan dan dapat berpengaruh terhadap perkembangan karakter anak untuk melihat, meraba dan menarik kesimpulan.

“Ini merupahkan program perdana TK Barunawati. Ke depan juga akan kita upayakan pengenalan lingkungan masyarakat berupa fasilitas Puskesmas agar sesuai dengan kurikulum 2013. Kami juga berencana membawa anak-anak mengunjungi Kantor Lurah atau Kantor Camat,” katanya.

Dibawah asuhan Pelindo III, TK Barunawati terus berbenah diri dan meningkatkan fasilitas. Sari Dewi Astuti juga yakin jika ada dukungan orang tua murid dan tersedia dana program untuk pengembangan fasilitas berupa Tempat Penitipan Anak (TPA), maka dapat menjadikan TK Barunawati lebih baik dan bermutu. (rony)