Najwa Akui Minat Baca Rendah karena Akses Buku Kurang

by -216 views

Kupang, mediantt.com – Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab, mengatakan, minimnya minat baca masyarakat di Tanah Air disebabkan akses terhadap buku sangat sulit dan kurang. Bahkan, kata dia, banyak sekolah di pedalaman sama sekali tidak ada minat baca.

“Saya merasa bukan minat bacanya yang kurang karena setiap ke perkampungan dan bawa buku, anak-anak menangis kalau bukunya dibawa pulang,” kata Najwa kepada wartawan di Kupang, Jumat (11/8).

Selain itu, kata host program ‘Mata Najwa’ yang akan berakhir tayangannya di Metro TV tersebut, harga buku di Indonesia mahal disebabkan pajak impor kertas tinggi. Kondisi ini membuat buku-buku yang dijual ke pelosok Indonesia lebih mahal.

Dia pun telah menyampaikan ide kepada Presiden Joko Widodo pada Mei 2017 lalu untuk mengirim buku secara murah ke daerah.

Karena itu, ia minta setiap tanggal 17 setiap bulan dilakukan pengiriman buku secara gratis lewat PT Pos Indonesia. Ide ini pun langsung diterima Presiden. Selain itu, mereka juga harus memastikan buku-buku tesebut tiba di tujuan di seluruh Tanah Air, terutama hingga ke 3000 titik Taman Bacaan Masyarakat (TBM)..

Pendekatan lain untuk meningkatkan minat baca ialah memperkenalkan perpustakaan digital. Namun, pendekatan ini masih terbatas di kota-kota besar karena di perdesaan yang infrastrukturnya belum memadai, perpustakaan digital tidak berfungsi secara maksimal.

“Warga di desa juga senang baca buku fisik. Ini tantangan kita untuk menyiapkan generasi yang cinta pengetahuan didekati dengan berbagai cara,” ujarnya.

Penikmat Kuliner Seafood Kepiting ini juga mengajak semua komponen masyarakat untuk turut mengkampanyekan virus literasi dan semangat membaca. “Ini bukan tugas seorang Najwa Shihab saja ketika tantangan besar generasi melek literasi harus ditularkan dengan menjadi gerakan bersama bukan program,” katanya.

Najwa juga percaya bahwa NTT akan menjadi daerah yang paling subur virus literasi karena banyak penggiat literasi yang luar biasa semangat melakukan kegiatan literasi.

Sementara itu, dalam Talk Show bertajuk “Literasi Untuk Kebhinekaan” itu, Najwa Shihab membagikan buku “Catatan Najwa” kepada  beberapa tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, pengusaha dan politisi. (rony)