Rotary Kupang dan FOHG Inc Bantu Alkes untuk RS dan Klinik

by -199 views

Kupang, mediantt.com – Rotary Kupang Timor Raya D3420 sebagai perkumpulan sosial kemanusiaan wilayah Kupang, NTT, dan Flinders Overseas Heallth Group (FOHG) Inc Adelaide Australia, yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan di seluruh belahan dunia, bersinergi dan berkolaborasi dalam rencana besar menyalurkan bantuan kemanusiaan.

Bantuan kemanusiaan itu berupa alat-alat kesehatan (Alkes) ke semua Rumah Sakit dan Klinik yang tersebar di Kupang dan NTT sebanyak 20 ribu item, yang terdiri dari pelbagai alat kesehatan yang dapat membantu memaksimalkan pelayanan kesehatan dan kemanusiaan.

Presiden Club Rotary Kupang Timor Raya, dr Yoseph Eky Gonang, ketika dikonfirmasi mediantt.com, Senin (7/8) , membenarkan bahwa bakal ada donasi/bantuan murni dari FOHG In Adelaide Australia dan Rotary Kupang Timor Raya sebagai partner penyalur alkes tersebut.

“Tinggal menunggu persiapan koordinasi dengan bea cukai terkait proses pengiriman dan penerimaan alkes dengan kontainer via Surabaya,” katanya.

Ditanya soal tata cara seleksi penerima bantuan, menurut dia, tidak ada kriteria khusus. Tapi diharuskan menyepakati Memorandum of Understanding (MoU) antara Rotary Club Kupang Timor Raya, FOHG In dan calon penerima donasi alkes bahwa alkes tersebut benar dipakai untuk pelayanan kemanusiaan.

District Governor(DG) Rotary D3420, Romo Hermanto Angka menghimbau semua pihak terkait untuk turut serta membantu dan memudahkan distribusi donasi alkes tersebut.

Perwakilan Flinders Overseas Health Group (FOHG) Inc, Mr Richard Dick Turnbull, saat pertemuan dengan para Direktur Rumah Sakit Negeri dan Swasta, di Kelimutu Room Hotel Sotis Kupang, Minggu (6/8) mengatakan, semua bantuan yang akan disalurkan diperuntukkan bagi pelayanan kesehatan masyarakat dan tanpa dipungut bayaran atau bersifat donasi/bantuan murni.

“Bantuan tersebut langsung dikoordinasikan dengan Rotary Kupang Timor Raya D3420 dan para calon penerima bantuan bisa membuat proposal lalu diserahkan ke Rotary Kupang Timor Raya untuk selanjutnya dikoordinasikan dengan FOHG Inc,” kata Mr Dick.

Yang hadir antara lain, hadir Direktur RS Mamami, Direktur RS Kartini, Direktur Carolus Beremeus dan Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes NTT, Maria Silalahi.

Menurut Mr Dick, FOHG Inc mempercayakan kepada Rotary Club Kupang Timor Raya sebagai pengelola distribusi Alat Kesehatan, lalu  diserahkan ke Rumah Sakit dan Klinik melalui koordinasi dengan Pemda NTT tanpa melalui birokrasi pusat karena rumitnya pengurusan bea cukai dan administrasi lainnya.

“Pengiriman alkes tersebut bersifat donasi/bantuan murni tanpa ada kompensasi apupun jika menerima bantuan dari FOHG Adelaide – Australia,” katanya.  (rony)

Ket Foto : Pose bersama usai pertemuan di Komodo Room Hotel Sotis, Minggu (6/8).