Junita Yang Beruntung Belajar Gratis di Boston USA

by -315 views

Impian seorang Junita Veronica Diding untuk belajar di Amerika Serikat akhirnya terkabul. Melalui perjuangan yang panjang, ia diterima di Boston Bunker Hill Community Colege, USA.

PEMILIK nama lengkap Ade Junita Veronica Diding peroleh beasiswa penuh dari pemerintah Amerika Serikat selama 1 tahun di Boston – Bunker Hill Commutity College

“Saya memang punya impian dan semangat ingin kuliah di Amerika Serikat (USA). Saya terus mencari peluang beasiswa ke luar negeri. Rupanya Tuhan menjawab semua doa saya, Program CCIP Aminef menerima Uni sebagai salah satu peserta program beasiswa dari total 30 pemuda pemudi Indonesia,” tutur Junita, anak kedua dari tiga bersaudara, buah kasih Aiptu Johanis Diding (alm) dan Ibu Damaris Diding, kepada mediantt.com, Rabu (2/8).

Ia bercerita, dari 3o pemuda pemudi Indonesia itu, 22 orang melewati proses seleksi, sedangkan 8 orang lainnya dari Freeport.

Putri kelahiran Kupang 7 Juni 1994 ini lahir dari keluarga sederhana. Ayah seorang polisi tapi sudah meninggal tahun 2012, sedangkan ibu hanya seorang pengelolah rumah tangga, yang giat dengan aktifitas sosial. “Tapi mereka selalu mendidik kami anak-anak dengan baik, dan penuh tanggung jawab,” ujarnya.

Junita yang telah bekerja di RS Siloam di bidang Quality and Risk (QR) ini adalah alumnus Kebidanan Poltekes Undana, yang selesai pada tahun 2015. Ia juga sempat magang di RS SK Lerik milik Pemkot Kupang kurang lebih satu bulan.

Alumnus SMAN 10 Kupang ini juga bercerita, bahwa beasiswa CCIP (Community College Initiative Program) adalah salah satu dari sekian banyak beasiswa dari US Departement of States/Amerika Serikat yang dikelola oleh AMINEF (American Indonesia Exchange Foundation), yang diperuntukan bagi lulusan SMA, SMK, D1, D2, D3. “Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan teknis di bidang pekerjaan yang diemban, meningkatkan mutual understanding dan kemampuan Bahasa Inggris. Untuk S1 juga bisa, tetapi bagi yang jurusan kuliahnya berbeda dengan pekerjaannya,” kata Junita, dan meminta agar bagi yang berminat bisa mengakes informasi soal beasiswa tersebut di link http://www.aminef.or.id/

Menurut dia, beasiswa CCIP Aminef merupakan beasiswa penuh. Artinya, semua ditanggung mulai dari tiket, akomodasi, biaya kuliah dan biaya hidup, termasuk asuransi. “Semua ini ditanggung oleh CCIP Aminef dengan proses perkuliahan 1 tahun akademik non degree (Non Gelar),” kata Junita, dan mengaku memilih Public Safety-Fire Sience Prorection and Safety karena berhubungan dengan bidang pekerjaannya di Quality and Risk (QR) di RS Siloam.

Junita yang lebih akrab dengan sapaan Uni ini sedang menjalani masa kuliah satu tahun di Boston Bunker Hill Commutity College. “Bagi teman-teman atau anak muda Kupang NTT yang ingin tahu lebih tentang program CCIP Aminef, bias akses di blog Yunita Didingyunididing.worpress.com tentang Beasiswa Community College Initiative Program”.

Ia menambahkan, dua putra-putri NTT lainnya yang juga mendapat beasiswa tahun 2017 ini adalah salah satu putrid dari Kabupaten Belu yang kuliah di Washington DC dan satu putra dari Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat di New York, AS. (rony)