BMKG Ingatkan Gelombang di Perairan NTT 3-5 Meter

by -187 views

KUPANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) El Tari Kupang, melaporkan, gelombang setinggi 3-5 meter berpotensi terjadi di wilayah perairan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Potensi gelombang tinggi di wilayah perairan NTT bagian selatan hingga barat akan terjadi dalam beberapa hari ke depan,” kata Prakirawan dari BMKG El Tari Kupang, Maria Seran kepada Antara di Kupang, Rabu.

Di wilayah perairan Samudera Hindia Selatan NTT, tinggi gelombang di wilayah perairan mencapai 5 meter.

Sementara di wilayah perarain laut Selatan Pulau Sumba serta perairan Laut Sawu, tinggi gelombang mencapai 4 meter.

BMKG juga mencatat tinggi gelombang 2-3 meter terjadi di perairan Selat Ombai, Selat Alor, Selat Sape, Laut Timor Selatan Nusa Tenggara Timur dan perairan Selatan Kupang hingga Pulau Rote.

Tinggi gelombang yang terjadi saat ini bisa saja mencapai dua kali melebihi prediksi BMKG sehingga perlu diwaspadai.

Karena itu, BMKG mengingatkan operator pelayaran dan juga nelayan untuk selalu waspada karena gelombang tinggi tersebut akan disertai dengan angin yang cukup kencang, katanya.

Mengenai pemicu, dia mengatakan, gelombang tinggi di Samudera Hindia selatan NTT, Perairan selatan Pulau Sumba, Selat Sumba bagian barat, dan Laut Sawu bagian selatan hingga barat disebabkan oleh angin kencang.

Angin kencang ini dipicu oleh adanya daerah bertekanan tinggi di Samudera Hindia barat daya Australia yang mencapai 1038 HPa.

“Semakin kuat (kencang) angin yang bertiup maka makin besar pula gelombang yang terbentuk dan panjang gelombang semakin besar,” katanya Maria Seran menjelaskan. (ant)