Semua Kecamatan di Lembata Wajib Gelar Gala Desa

by -189 views

TUBUKRAJAN – Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur dan Wakil Bupati  Thomas Ola Langoday, mulai memberi perhatian serius terhadap dunia olahraga. Salah satu yang konkrit dilakukan, mewajibkan semua kecamatan di Lembata untuk menggelar Gala Desa, yang dikhususkan untuk turnamen sepak bola antar desa.

“Ya, kami mewajibkan semua kecamatan menggelar Gala Desa. Gala Desa ini dikhususkan untuk pertandingan sepak bola antar desa dalam kecamatan untuk menggali bakat olahraga khususnya sepak bola, sekaligus sebagai wahana meningkatkan persaudaraan dan persatuan antar desa,” kata tegas Wakil Bupati Thomas Langoday pada pembukaan Gala Desa  di Desa Tubuk Rajan, Kecamatan Atadei, Kamis (20/07/2017), seperti dikutip dari humas.lembatakab.com.

Gala Desa ini, menurut  Thomas, sesuai dengan moto pembangunan yang diusung; “Satu Lembata, Satu NTT, Satu Indonesia”. Karena itu, Bupati Sunur bersama Wabup Langoday menghendaki agar Gala Desa harus dilihat lebih jauh sebagai kegiatan  untuk  mempererat tali persaudaraan antar masyarakat desa dalam mewujudkan tujuan pembangunan Lembata.

”Tujuan utama digelarnya Gala Desa adalah untuk persaudaraan dan persatuan. Menjadi  juara juga penting, tetapi yang paling penting adalah bagaimana Gala Desa yang sekarang berlangsung di semua kecamatan ini dapat mempererat persaudaraan dan persatuan kita sebagai satu Lembata, satu NTT dan satu Indoensia,” tandas Wabup Langoday, mengingatkan.

Menurut Langoday, agar ke depan Lembata memilki tim yang kuat di tingkat kabupaten, khususnya dalam olahraga sepak bola, maka harus dimulai dari tingkat desa. Karena itu, sebut dia, Kepala Desa wajib hukumnya untuk membina bakat olahraga anak-anak di desanya. Artinya, Kepala Desa Wajib mengalokasikan dana desa untuk pengembangan bakat olahraga ini.

“Mimpi kita adalah  suatu saat Lembata harus memiliki tim sepak bola yang tangguh. Untuk itu harus dimulai dari sekarang di desa masing-masing.  Selain kita gelar pertandingan tetapi juga harus ada Tim  Pemantau Bakat pada tingkat desa dan kecamatan agar anak-anak kita yang unggul dapat direkrut ke tingkat kabupaten. Saya dan Pak Bupati sudah punya mimpi bahwa kita harus punya tim sepak bola tangguh yang minimal mampu bersaing di tingkat regional. Kalau bisa ke tingkat nasional, kenapa tidak. Kita semua harus punya mimpi yang sama agar kita sama-sama berusaha mengejarnya. Sekarang saatnya kita mulai dan harus dimulai dari desa,” tegas doctor ekonomi ini. (ferry/jdz)

Ket Foto : Wakil Bupati Thomas Ola Langoday menyerahkan bantuan Bola Kaki untuk enam tim yang lolos ke pertandingan tingkat Kecamatan Atadei,