Desa Tialai Jadi Pusat Budidaya Cendana di Belu

by -226 views

ATAMBUA – Bupati Belu, Willybrodus Lay mengatakan, acara puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tingakat Provinsi NTT digelar di Desa Tialai, Kecamatan Tasifeto Timur, karena desa tersebut terdapat 2.900 pohon cendana diatas lahan seluas delapan hektar dan menjadi satu-satunya desa yang dijadikan lokasi budidaya  cendana di Kabupaten Belu.

“Jadi Desa Tialai sejak tahun 2003 sudah menjadi sentra budidaya cendana sehingga saat ini terdapat banyak pohon cendana yang berusia 10-13 tahun. Kami akan kembangkan pohon cendana dipusatkan di Desa Tialai karena lokasinya cocok untuk budidaya pohon cendana,” kata Bupati Willy, Desa Tialai, Rabu (19/7).

Ia menjelaskan, pihaknya akan terus mengajak masyarakat Desa Tialai untuk menanam pohon cendana dengan membuka lahan baru bagi pengembangan cendana. “Penanaman pohon cendana akan terus digalakkan dengan melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Belu,” kata Wily Lay.

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Tialai yang sangat mencintai lingkungan dan menjaga hutan pohon cendana sejak tahun 2003. Untuk itu, kata dia, masyarakat harus bersabar karena usia pohon cendana butuh waktu panjang dan nantinya akan dimanfaatkan anak cucu.

Kepala Desa Tialai, Yoseph Luan merasa bangga karena desanya sudah dua tahun berturut-turut dipilih menjadi tempat penyelenggaraan puncak acara Hari Lingkungan Hidup. “Sebagai desa yang dipilih pasti memiliki tanggungjawab besar untuk bersama masyarakat menjaga dan memelihara lingkungan dengan baik,” katanya.

Ia mengaku telah menginstruksikan seluruh warga dari tingkat RT,RW sampai tingkat dusun lewat sumpah adat untuk wajib menjaga dan dilarang memotong pohon bagi kelestarian lingkungan hidup. “Dengan begitu hutan lindung pohon cendana dapat tumbuh dan berkembang,” ujarnya.

Untuk diketahui, Desa Tialai memiliki jumlah pendudk 267 kepala keluarga (890 5 jiwa) dengan mata pencaharian sebagai petani. Desa tersebut adalah desa pemekaran dari Desa Bauho di Kecamatan Laisiolat, Kabupaten Belu. (son/hms)