Maumere, mediantt.com – Setiap tahun ribuan umat Muslim di Kabupaten Sikka melaksanakan Sholat Ied di Lapangan Kota Baru Maumere. Sebelah barat lapangan langsung berhadapan dengan Gereja Protestan. Karena Sholat Ied digelar Minggu (25/6) pukul 06.30 Wita, bersamaan dengan jadwal ibadah pagi di gereja itu, maka untuk menghormati kerukunan antarumat beragama, otoritas GMIT Kalvari menunda jadwal ibadah setelah pelaksanaan Sholat Ied.

Keputusan ini diambil untuk menjaga tingkat toleransi yang sudah berjalan sangat baik berpuluh-puluh tahun di Kabupaten Sikka. Dengan demikian, dua umat beragama ini dapat menjalankan ibadah secara khusyuk.

Pantauan media ini, sejak pagi hari umat Muslim sudah berbondong-bondong mendatangi lokasi Sholat Ied. Sejumlah petugas kepolisian dari Satlantas Polres Sikka mengatur ketertiban lalulintas untuk memperlancar akses jalan.

Lapangan Kota Baru terletak sangat strategis di jantung Kota Maumere, di mana bagian selatannya terletak Kantor Bupati Sikka. Shalat Ied tahun ini dipimpin Imam Haji Zainal Hak dengan Khatib Amir Jonu, dosen pada Universitas Muhamadyah Maumere.

Ribuan umat Muslim tampak khusyuk beribadah merayakan kemenangan. Sholat Ied ini berakhir sekitar pukul 08.00 Wita. (vicky da gomez)

Ket Foto : Umat Muslim di Kabupaten Sikka sedang melaksanakan Sholat Id di Lapangan Kota Baru, Minggu (25/6). (Foto : oss rebong)