DENPASAR – Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) atau Presiden Amerika ke-44 Barack Obama kembali datang ke Bali. Kali ini kedatanganya  untuk berlibur bersama  keluarga. Rencananya, Obama dan rombongan akan  menginap di Four Seasons Resort Bali, Sayan, Ubud, Gianyar mulai Jumat  (23/6) hingga Rabu (28/6).

Barrack Obama dan keluarganya tiba hari Jumat (23/6) di Bali. Kedatangannya di pengujung Ramadan dan menjelang Lebaran ini, menegaskan seolah Obama pulang kampung ke negara tempat tinggal di masa kecilnya. Anak Menteng ini hendak bernostalgia memulai liburan di Indonesia.

Obama, Michelle dan kedua anaknya, Maila dan Sasha tiba dengan sebuah jet pribadi di bandara militer di ibukota provinsi, Denpasar. Dilansir AP seperti diberitakan NY Daily News, Obama dan keluarga selanjutnya pergi berlibur ke sebuah resor di Ubud. Obama mengunjungi sebuah pusat seni dan budaya di tengah perbukitan dan sawah.

Keluarga Obama akan didampingi oleh saudara tirinya di Indonesia, Maya Soetoro-Ng. Obama juga dijadwalkan akan mengunjungi Yogyakarta. Obama dulu pindah ke Indonesia pada tahun 1967 pada usia 6 tahun setelah ibunya yang bercerai menikah lagi dengan seorang pria Indonesia. Obama pun sempat bersekolah di Indonesia. Namun Obama kembali ke Hawaii saat berusia 10 tahun untuk tinggal bersama kakek dan neneknya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan Presiden  Joko Widodo telah mengundang Obama untuk berlibur di negara tersebut setelah dirinya tidak lagi menjadi presiden kelak. Jokowi juga mengajak para biksu untuk mengunjungi Istana Bogor di Jawa Barat dalam perjalanan sembilan hari mereka.

Obama akan mengunjungi Candi Borobudur. Obama juga dijadwalkan untuk berbicara di Kongres Diaspora Indonesia di Jakarta pada tanggal 1 Juli.  

Karena ini adalah agenda liburan, Obama menolak pengawalan wah yang disiapkan pihak Indonesia. Informasi yang dirangkum media, Obama datang bersama  keluarga, termasuk di dalamnya  saudara tiri (beda ayah) Obama yang adalah orang Indonesia, yaitu Soetoro Maya Kasandra.

Yang jelas, meski sudah tidak menjabat orang nomor satu di Amerika Serikat, dia tetap akan membawa banyak logistik. Obama akan membawa, 12 mobil atau setengah dari standar pengamanan secret service pemimpin negara Amerika.

Jika mengacu pada standar pengamanan secret service, sebenarnya pengawalan mobil adalah 24 mobil. Dengan dua mobil sama, salah satunya berisi Presiden.

Pengawalan 24 mobil ini digunakan Obama saat ke Bali tahun 2011. Saat itu Obama menggunakan mobil super canggih, kuat bahkan anti ledakan senjata pelontar roket Basoka. Mobilnya dulu adalah jenis Cadillac dari Limousine yang kerap disebut “The Beast”.

Untuk kedatangan Obama kali ini  belum jelas mobilnya. “Yang jelas dia membawa 12 mobil dari negaranya. Namun jenisnya belum pasti,” ujar sumber koran ini.

Obama menggunakan pesawat jet jenis Gulsftream. Dengan jumlah rombongan keluarga 12 orang. Mulai Barack Obama, Natasha Marian Obama, Michelle Obama, dan Malia Ann Obama. Ada juga Arevalo Alex David, Breckenridge Anita Jean Decker, Clayton Chynna Yromedywris, Gar Yeung Konrad, Hoyles Katina Latrelle, Naila Ang Suhalia Kala, Pruett Joshua David, Maya Soetoro Kasandra, Taylor Allen Antonio dan Yan Song Savita Lola.

#WelcomeMrObama

Kedekatan psikologi masyarakat Indonesia dengan mantan Presiden Barrack Obama tak bisa dipungkiri. Tentu saja karena Obama merupakan siswa Sekolah Dasar (SD) Besuki Menteng, Jakarta di kala masa kecilnya.

Obama sangat dekat dengan tanah air karena ibunya yang bercerai menikah lagi dengan seorang pria asal Indonesia. Kini, Obama kembali pulang kampung ke Indonesia dengan tujuan berlibur di Bali.

Edisi liburan Obama bersama istri dan kedua anaknya belum berakhir pasca selesainya jabatan yang diembannya selama dua periode. Liburan Obama dan keluarganya juga tak lepas dari pengawalan kepolisian Indonesia.

Kedekatan hubungan batin dengan Obama itulah yang membuat netizen menyambutnya dengan hangat. Tanda pagar #WelcomeMrObama menjadi trending topik media sosial Twitter. Berbagai sambutan disertai “Meme” kocak dan celotehan lucu mewarnai laman dunia maya.

“Wah Pak Mantan Presiden Barrack Obama ikutan mudik ke Indonesia gaes,” kata salah satu netizen dengan akun @Cahmbongwangan, Jumat (23/6).

Ada pula ajakan agar Obama menikmati kekayaan budaya Indonesia di Bali. “Jangan lupa nonton Barong Om @WelcomeMrObama,” tulis akun @Bondan_NM. “Kalau enggak Lebaran, kita temenin nih di Bali #WelcomeMrObama,” kata pemilik akun @OzieHafsah.

Tak hanya netizen, Kementerian Pariwisata juga menyambut antusias kunjungan Obama ke Indonesia untuk berlibur. Kemenpar membuat tagar ajakan bagi para netizen untuk mencintai lokasi pariwisata dalam negeri yakni #ObamaAjaPiknikKeBali.

Kunjungan Obama ini bukan kali pertama ke Indonesia. Obama pernah memberikan kuliah umum di Universitas Indonesia saat dia menjabat sebagai Presiden ke-44 dan melontarkan hobinya yang doyan makan bakso dan sate khas Indonesia. (jpg/jdz)