Dinas Kebersihan Kota Kupang Bersihkan Pesisir Pantai

by -132 views

Kupang, mediantt.com – Dinas Kebersihan Kota Kupang memberikan contoh yang baik kepada seluruh masyarakat Kota Kupang, untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Salah satu yang dilakukan, Jumat (2/6), seluruh jajaran Dinas Kebersihan Kota, membersihkan pesisir pantai. Juga, pembersihan jalan, dan taman kota.

Disaksikan mediantt.com, Kamis, 31 Mei 2017 sore, bertempat di pesisir pantai di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Oeba, seluruh pegawai Dinas Kebersihan, membersihkan pesisir pantai.

Kepala Dinas Kebersihan Kota Kupang, Obed Kadji, kepada mediantt.com menjelaskan, hasil angkut sampah di lokasi tersebut mencapai 52 truk sampah, hingga tumpukan sampah di pesisir pantai bias diminimalisir.

“Kegiatan bersih-bersih di pesisir pantai di TPI Oeba mau memberi pesan bahwa pantai yang bersih dapat digunakan sebagai wahana pariwisata keluarga. Saya harap Dinas Pariwisata Kota Kupang juga ikut peduli dan bekerja sama membenahi dan mengatur pembuangan sampah di sepanjang pesisir pantai.

Menurut dia, pihaknya juga bekerja sama dengan semua komunitas yang peduli terhadap kebersihan. “Artinya, kami tidak menutup diri dan selalu bersama-sama melakukan aksi bersih bersih,” katanya, dan mengajak semua stakeholder untuk ikut peduli dan menumbuhkan budaya membuang sampah pada tempatnya dan bersihkan semua lokasi wisata di sekitar Kota Kupang.

Iajuga menyebutkan, pembersihan pesisir pantai didukung oleh tenaga PNS sebanyak 178 orang, dan tenaga kontrak 253 orang, yang ditunjang dengan dukungan mobil dump trek sebanyak 36 unit.

Ia menambahkan, dalam tahun ajaran baru nanti, akan dilaksanakan ‘Pungut Sampah di Kota Kupang”, oleh siswa baru. “Para siswa baru ini lebih taat dibandingkan dengan siswa lama,” ujarnya.

Ditanya soal pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), masih dilakukan dengan sistem Control Landfield (sampah ditumpuk dan ditutupi tanah). Ia berharap ke depan bisa digunakan sistem Sanitary Landfield (dengan sistem pengolahan sampah menggunakan mesin pengolah dengan akhir olahan menjadi debu).

Ia menambahkan, ke depan bakal dilaksanakan Sistem “Titik Koordinat Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di seluruh wilayah Kota Kupang, dengan menggunakan media Google. “Dari  sistem tersebut akan disediakan pengaduan dari masyarakat jika masih terdapat sampah yang belum diangkut,” katanya, mengingatkan. (rb)

Ket Foto : Kadis Kebersihan Kota Kupang, Obed Kadji, bersama stafnya sedang membersihkan pesisir pantai di TPI Oeba.