Daftar JKN-KIS Kini Bisa Melalui Telepon

by -153 views

Maumere, mediantt.com – Kepala BPJS Kesehatan Maumere K. Hidro Kusumo mengatakan, saat kini BPJS Kesehatan mengembangkan strategi kemudahan bagi masyarakat untuk menjadi peserta JKN-KIS. Caranya, mendaftar melalui telepon ke BPJS Kesehatan Care Center 1500-400. Kemudahan ini khusus untuk calon peserta kategori pekerja bukan penerima upah (PBPU) atau peserta madiri dan peserta kategori bukan pekerja (BP).

“Jadi calon peserta tidak perlu mengantri panjang di Kantor BPJS Kesehatan. Cukup menekan 1500-400 pada ponsel maka akan diproses,” jelas dia saat menggelar Media Gathering bersama sejumlah wartawan di Hotel Wailiti Beach, Senin (15/5).

Sebelumnya, kata dia, BPJS Kesehatan Care Center hanya menjalankan fungsi memberikan informasi, menangani pengaduan, teleconsulting, dan pengelolaan media sosial. Kini sudah dikembangkan lagi dengan beberapa fungsi lain, salah satunya adalah pendaftaran peserta PBPU dan BP.

Hindro menjelaskan, sebelum mendaftar via telepon, calon peserta harus menyiapkan beberapa informasi yang akan ditanyakan petugas Care Center seperti nomor kartu keluarga, nomor induk kependudukan, nomor rekening tabungan (BRI/BNI/Mandiri), nomor handphone, alamat domisili/tempat tinggal, dan alamat email. Calon peserta akan dilayani Agen Care Center, dan komunikasi antara dua pihak ini akan dijadikan bukti pendaftaran.

Setelah pendaftaran via telepon selesai, nomor virtual account (VA) akan dikirim ke nomor ponsel atau email calon peserta. Jika sudah mendapatkan nomor VA, peserta wajib membayar iuran pertama yang harus dibayarkan paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA diterbitkan. Sejak pembayaran pertama tersebut dengan sendirinya kartu peserta telah aktif, dan BPJS Kesehatan akan mencetak dan mendistribusi kartu peserta JKN-KIS ke alamat yang telah disampaikan saat mendaftar.

Mekanisme BPJS Kesehatan Care Center juga menyediakan fitur teleconsulting, di mana peserta JKN-KIS dapat melakukan konsultasi kesehatan kepada dokter umum yang siap memberikan informasi kesehatan yang dibutuhkan.

Hindro Kusumo juga mengatakan, berbagai inovasi dan terobosan dilakukan untuk dapat memenuhi target angka kepuasan di tahun 2017 ini pada level 80 persen. Sebelumnya, pada 2016, tingkat kepuasan peserta sudah cukup tinggi yakni 78,6 persen.

Selain pendaftaran melalui Care Center, saat kini BPJS Kesehatan juga mengembangkan pendaftaran melalui sistem dropbox di Kantor Cabang BPJS Kesehatan, Kantor Kelurahan, dan Kantor Kecamatan. Juga pendaftaran melalui PPOB atau mitra kerja BPJS Kesehatan.

“Pendaftaran melalui mitra kerja dilakukan dengan membuka point of service di pusat perbelanjaan seperti mall. Saat ini kami bekerja sama dengan PT Lippo Karawaci, dan tidak menutup kemungkinan kerja sama dengan perusahaan lain,” tambah dia.

Untuk meningkatkan dan memberikan kemudahan pendaftaran bagi badan usaha atau perusahaan, BPJS Kesehatan juga telah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan melalui portal pendaftaran bersama program jaminan sosial nasional yakni www.bpjs.go.id. (vicky da gomez) 

Ket Foto: BPJS Kesehatan Maumere memberikan hadiah kepada dua wartawan yang memenangkan lomba penulisan berita tentang JKN-KIS di Hotel Wailiti Beach Maumere, Senin (15/5).