Sumba Timur Menaru Harapan Pada Melki Laka Lena

by -139 views

Waingapu, mediantt.com – Kehadiran Wakil Sekjen DPP Partai Golkar, E. Melki Laka Lena, di Sumba Timur mendapat sambutan dan apresiasi yang luar biasa. Sayembara yang digelar pun menjadi ajang bertemu generasi muda, kalangan mahasiswa yang juga aktifis. Semua sepakat perlu regenerasi dan perubahan bagi NTT ke depan. Dan, langkah ini telah dilakukan Melki Laka Lena.

Karena itu, nama Melki Laka Lena yang telah masuk dalam bursa cagub untuk disurvei Golkar, mendapat banyak pesan dan harapan. Semua nara sumber yang tampil dalam Sayembara dan Debat, mendukung Melki maju sebagai cagub NTT 2018, dan semua menaruh harapan besar kepada Melki Laka Lena untuk membawa perubahan bagi NTT. Apalagi, Melki sudah mendengar sendiri aspirasi dan ide-ide cemerlang rakyat yang disampaikan secara terbuka melalui Sayembara Ayo Bangun NTT.

”NTT ini butuh pemimpin yang punya ide besar dan punya gagasan. Melihat NTT yang luas dengan potensi yang besar, sebenarnya NTT ini butuh figur yang energik dan yang punya kemampuan; bukan saja melihat tetapi turun langsung melihat apa yang ada di NTT dan itu hanya bisa ada di orang muda. Saya kira Melki Laka Lena kita bisa menaruh harapan untuk menjadi pemimpin di NTT ini, sebab saya kenal baik Melki Laka Lena seperti apa, karena dulu kami sama-sama di Jogja dan sama-sama aktifis,” tutur  Direktur Stimuluant Institute Sumba, Stepanus Makambombu ketika menjadi narasumber dalam sayembara di Aula BPM Sumba Timur, Jumat (12/5).

Mantan Ketua GMKI Cabang Surabaya ini mengatakan, mendukung Melki Laka Lena untuk tampil lagi sebagai calon pemimpin NTT. “Pak Melki ini pernah maju sebagai Calon Wakil Gubernur pada tahun 2013, kalau sekarang maju lagi maka masih pantas,” kata Stepanus yang mengelolah Lembaga Studi Perubahan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat di Pulau Sumba ini.

Menurut dia, sebenarnya potensi-potensi di daerah kalau dikelola dengan baik bisa membantu kesejateraan masyarakat NTT, sehingga NTT tidak terlalu bergantung kepada APBN. “Saat ini kan APBD kita 95 persen bergantung kepada pusat, tetapi ketika kita lihat luas wilayah NTT, sebenarnya kita banyak potensi,” katanya.

Pernyataan senada juga disampaikan Ketua Partai NasDem Sumba Timur, Yonatan Hani. Ia mengapresiasi langkah Melki Laka Lena yang menggelar Sayembara dan Dialog di setiap daerah. Bagi dia, Melki Laka Lena adalah figur muda NTT yang luar biasa. Walaupun baru bertemu, tetapi nama Melki Laka Lena sudah sering didengar karena pernah maju menjadi calon wakil Gubernur NTT tahun 2013.

“Saya senang sekali kalau ada orang muda yang tampil seperti ini, karena hari ini semua kabupaten di NTT butuh regenerasi. Kita butuh pemimpin-pemimpin baru, tetapi kita jangan lupa berbicara regenerasi bukan sekedar umur lebih muda juga tapi kemampuan. Dia harus jauh lebih baik, lebih matang dari senior-senior yang lain sehingga ketika perpindahan reposisi kepemimpinan terjadi dari atas ke bawah, bisa lebih baik dan maksimal,” kata politisi Nasdem ini kepada wartawan di sela-sela dialog.

Ia menegaskan lagi, “Melki Laka Lena dengan pengalaman dan track record di kancah politik nasional, dan pernah menjadi calon wakil gubernur NTT, mengatakan kepada kita bahwa ia mampu menjadi pemimpin dan membuktikan bahwa orang muda juga bisa menjadi pemimpin di daerah ini”.

Ia menambahkan, dialog yang dihadiri mayoritas pemuda dan mahasiswa Sumba Timur ini diharapkan bisa membentuk kader pemimpin yang baik untuk bisa menggantikan generasi saat ini.

Punya Pengalaman

Wakil Bupati Sumba Timur, Umbu Lili Pekuali, ketika menutup Sayembara dan Dialog itu menyatakan mendukung Melki Laka Lena untuk tampil lagi sebagai calon pemimpin NTT tahun 2018. “Pak Melki ini pernah maju sebagai Calon Wakil Gubernur pada 2013 lalu, kalau sekarang maju lagi maka masih pantas,” kata Umbu Lili, disambut tepuk tangan meriah peserta dan penonton sayembara.

Umbu Lili sangat yakin dengan Melki Laka Lena karena merupakan mantan aktivis, dan mantan ketua PMKRI. “Singkatnya punya pengalaman yang luar biasa dalam organisasi. Dengan bekal yang sudah banyak ditambah lagi sekarang sebagai Wasekjen Partai Golkar, saya sangat yakin Melki siap tampil sebagai pemimpin di NTT,” tegas Umbu Lili.

Ia juga mengpresiasi Ketua Yayasan Tunas Muda Indonesia E. Melkiades Laka Lena yang berani menggelar Sayembara Ayo Bangun NTT di seluruh kabupaten di NTT.

“Saya melihat Sayembara Ayo Bangun NTT ini sebagai kegiatan yang positif untuk memotivasi pemerintah dan masyarakat untuk membangun NTT lebih baik ke depannya. Karena kita bisa mengetahui potensi yang ada di daerah, tentulah bukan hal yang mudah untuk dilaksanakan, tetapi sebagai kader muda NTT yang membangun, Melki selenggarakan kegiatan  ini. Terima kasih pak Melki. Saya terharu betul, karena pemuda pemudi di SumbaTimur sangat antusias dengan sayembara ini,”  tegas Umbu Lili.

Usai ditutup Wakil Bupati Sumba Timur, Melki Laka Lena bersama seluruh peserta Sayembara menggelar aksi 1000 lilin di jalan protokol depan kantor DPRD Sumba Timur sebagai bentuk dukungan terhadap Ahok. (jdz)

Ket Foto : Melki Laka Lena diapit dua narasumber, Ketua Nasdem Sumba Timur Yonatan Hani dan Direktur Stimuluant Institute Sumba, Stepanus Makambombu.