Enam Bakal Calon Daftar ke Partai Gerindra Sikka

by -68 views

Maumere, mediantt.com – Partai Gerindra Kabupaten Sikka telah menutup pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati pada Rabu (26/4). Hingga hari terakhir, tercatat enam bakal calon yang telah resmi mendaftarkan diri.

Enam bakal calon itu dapat dikelompokan dalam berbagai kategori. Ada tiga bakal calon yang merupakan kader Partai Gerindra yakni Paolus Nong Susar, Stephanus Say, dan Ito Marviandi. Sedangkan tiga orang lainnya berasal dari luar partai yakni Firmina Sedo Mitang, Kasimirus Bhara Beri, dan Simon Subandi.

Dari enam bakal calon itu, tiga orang mendaftar sebagai bakal calon bupati, dan tiga orang mendaftar sebagai bakal calon wakil bupati. Yang mendaftar sebagai bakal calon bupati yakni kader Partai Gerindra, sedangkan yang bukan kader mendaftar sebagai bakal calon wakil bupati.

Saat pendaftaran Firmina Sedo Mitang menyertakan dengan surat pernyataan dukungan dari PAN Sikka. Sementara Simon Subandi sebagai kader PKP Indomesia mengaku mendapat restu dari Ketua PKP Indonesia Kabupaten Sikka Holdegardis Sunur. Sedangkan Kasimirus Bhara Beri yang adalah anggota PKB Ende, mengaku mendaftar dalam kapasitas pribadi.

Ada empat bakal calon yang mendaftar secara pasangan yakni Paolus Nong Susar dan Firmina Sedo Mitang dengan tagline Prima, serta Ito Marviandi dan Simon Subandi dengan tagline Iman. Sementara Stephanus Say dan Kasimirus Bhara Beri mendaftar secara perorangan, tanpa pasangan bakal calon.

Dari pantauan media ini, enam bakal calon itu mendaftar persis pada hari penutupan. Pasangan bakal calon Iman mendaftar lebih dulu sekitar pukul 11.00 Wita, lalu menyusul Stephanus Say, berikutnya Kasimirus Bhara Beri. Sebelum ditutup, Tim Tujuh menerima pendaftaran pasangan bakal calon Prima.

Wakil Ketua Tim Tujuh Partai Gerindra Hubertus Moni di Sekretariat Partai Gerindra menjelaskan, sebanyak 7 bakal calon yang telah memgambil formulir pendaftaran. Selain enam bakal calon yang sudah mendaftar, Tim Tujuh masih menunggu satu bakal calon yang sudah mengambil formulir pendaftaran yakni Alerxander Longginus, Ketua DPC PDI Perjuangan.

“Ada tujuh orang yang ambil formulir pendaftaran, dan yang sudah mendaftar baru enam, kami masih menunggu Pa Alex Longginus. Kami tetap berupaya komunikasikan dengan beliau, apakah ingin mendaftar atau tidak. Hari ini kami akan tutup pendaftaran,” jelas dia.

Informasi yang dihimpun media ini, Alexander Longginus meskipun sudah mengambil formulir pendaftaran, tetapi sepertinya tidak akan mendaftar lewat Gerindra. Dari sumber yang layak dipercaya, Longginus kemungkinan besar hanya akan membangun komunikasi politik dengan Partai Gerindra.

Partai Gerindra memiliki 5 kursi di DPRD Sikka hasil Pemilu 2014. Sesuai persyaratan pencalonan yang harus didukung 7 kursi DPRD Sikka, maka partai ini harus berkoalisi dengan partai politik lainnya. Jika dilihat dari komposisi pendaftaran bakal calon, Partai Gerindra bisa saja berkoalisi dengan PAN atau PKP Indonesia yang masing-masing memiliki 3 kursi, atau dengan PKB yang memiliki 2 kursi. Tidak menutup kemungkinan beberapa parpol lain juga ikut berkoalisi. (vicky da gomez)

Ket Foto: Pasangan bakal calon Paolus Nong Susar dan Firmina Sedo Mitang pose bersama usai mendaftar di Partai Gerindra, Rabu (25/4).