Bupati Sikka Tantang Persami Pertahankan Piala El Tari

by -185 views

Maumere, mediantt.com – Persami Maumere berhasil menjadi juara El Tari Memorial Cup yang diselenggarakan di Kota Maumere dua tahun lalu. Untuk tahun 2017 ini, penyelenggaraan turnamen ini akan digelar di Kota Ende. Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera menantang Persami Maumere untuk mempertahankan Piala El Tari.

“Tropi emas itu sudah ada di Maumere, ya harus dipertahankan. Masyarakat berharap nanti (Persami) ikut El Tari di Ende mesti bawa pulang lagi itu tropi. Jangan sampai kita hanya jago kandang ,” tantang Yoseph Ansar Rera pada pelantikan Pengurus Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Sikka di Aula Kantor Bappeda Sikka, Rabu (22/3).

Ia mengatakan, sebagai juara bertahan Persami Maumere harus menyiapkan diri lebih awal agar bisa membawa pulang Pila Eltari.

Sebelumnya Ketua Askab Sikka Agustinus Boy Satrio menyampaikan informasi tentang kesiapan Persami Maumere menghadapi Eltari di Ende. Dia menyebutkan Askab Sikka sudah mengelurkan keputusan tentang tim pelatih. Saat ini, kurang lebih sudah satu bulan sedang dilakukan seleksi pemain.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sikka ini mengatakan, Persami Maumere nantinya akan dibela oleh anak-anak Maumere. Persami Maumere tidak sedikit pun berminat mendatangkan pemain yang bukan anak Maumere.

“Saya dengar banyak daerah yang akan pakai pemain dari luar. Kalau Persami tidak akan seperti itu. Semuanya adalah anak-anak Maumere, termasuk beberapa anak kami yang berada di luar daerah,” jelas dia.

Fredy MBW, Pelatih Kepala Persami Maumere merespons positip tantangan Bupati Sikka. Dia mengatakan, mempertahankan Piala Eltari adalah sebuah pekerjaan besar. Karena itu, ia meminta bantuan dari seluruh masyarakat Sikka agar memberikan support yang positif kepada tim pelatih dan para pemain yang kelak bertanding di Ende.

Sudah hampir satu bulan ini Tim Pelatih Pesami Maumere melakukan seleksi untuk mendapatkan skuad Persami. Mereka sudah beberapa kali melakukan latih dengan tanding dengan sejumlah klub di Kota Maumere.

Dalam waktu dekat, Persami Maumere akan mengikuti pertandingan segitiga yang melibatkan Persami Jakarta dan Perseftim Flores Timur. Momen ini akan dimanfaatkan Persami Maumere untuk lebih memantapkan skuad pemain.

Tiga Momentum

Sekretaris Asprov PSSI NTT Lambertus Ara Tukan, Rabu (22/3), melantik kepengurusan Askab Sikka Periode 2017-2021. Pelantikan itu dihadiri Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera.

Lambertus mengatakan, pelantikan kepengurusan harus dimaknai sebagai momentum untuk memajukan sepak bola di Sikka. Dia menyebutkan tiga momentum yang mesti dilaksanakan Askab Sikka, yakni momentum menggalang kekuatan, membangun komitmen, dan menjalin persahabatan.

Dia memberi contoh misalnya jika Persami Maumere menjuarai Turnamen Eltari di Ende, maka otomatis akan bermain di Liga Nasional. Untuk bertanding pada level yang lebih tinggi, katanya, membutuhkan biaya yang sangat besar. Karena kurangnya sponsor, maka hanya pemerintah yang bisa memberikan dukungan total.

“Karena itu kita harus memberi apresiasi ketika Bupati Sikka berkenan hadir pada pelantikan hari ini. Itu artinya Askab Sikka harus menangkap momentum ini untuk menggalang kekuatan bersama pemerintah. Bersama pemerintah kita majukan sepak bola di Kabupaten Sikka,” imbuh Lambertus Ara Tukan. (vicky da gomez)

Foto: Ketua Askab PSSI Sikka Agustinus Boy sedangnag menandatangani beriata acara pelantikan, usai Sekretaris Asprov PSSI NTT Lambertus Ara Tukan melantik Pengurus Askab PSSI Sikka di Aula Kantor Bappeda Sikka, Rabu (22/3).